Berita Jubir Kemlu Unggul, Disusul 2 Calon Petahana

by


Jakarta, Pahami.id

Hasil survei terbaru Lembaga Penelitian Indonesia (LSI) tentang Pilkada Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024 menyatakan Lalu Muhammad Iqbal lebih unggul dari calon lainnya.

Dalam simulasi ketiga nama tersebut, Iqbal meraih elektabilitas 22,4 persen. Ia unggul atas Zulkieflimansyah yang meraih 21,5 persen dan Siti Rohmi Djalilah dengan 21 persen. Sedangkan 35 persen responden memilih tidak tahu/tidak menjawab.


Namun pada simulasi tiga paslon, elektabilitas Iqbal berpasangan dengan Indah Dhamayanti Putri masih tertinggal dari Zulkieflimansyah-Suhaili.

Iqbal-Dinda memperoleh 24,3 persen, sedangkan Zul-Suhaili memperoleh elektabilitas 28,1 persen. Lalu, Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin di peringkat ketiga dengan 19 persen.

“Untuk simulasi, paslon Iqbal-Dinda semakin mendekati elektabilitas Zulkieflimansyah-Suhaili. Di peringkat ketiga ada pasangan Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangannya, Selasa (13/8). . ).

Survei ini dilakukan pada 16-24 Juli 2024 dengan melibatkan 800 responden dengan menggunakan multi-stage random sampling dengan margin kesalahan ±3,5 persen.

Sejauh ini, Iqbal-Dinda mendapat dukungan dari Partai Gerindra, PAN, Golkar, dan Gelora pada Pilkada NTB 2024.

Selain itu, Iqbal yang juga mantan Dubes Turki juga termasuk dalam lima orang yang mendaftar DPW PKB NTB.

Ia diperkirakan akan menghadapi dua calon petahana di Pilkada NTB, yakni Zulkieflimansyah yang merupakan Gubernur NTB dan Sitti Rohmi Djalilah yang merupakan Wakil Gubernur NTB.

Pada Pilkada NTB 2024, Zul dan Sitti kemungkinan besar akan berpisah. Keduanya digadang-gadang setiap mencalonkan diri sebagai gubernur.

Survei serupa terkait Pilkada NTB belum pernah dilakukan. Kini tinggal 14 hari lagi pendaftaran calon kepala daerah yang dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

(mnf/tsa)