Berita KPU Jabar Beber Kronologi Adik Raffi Ahmad Jadi Anggota DPRD Pengganti

by


Bandung, Pahami.id

Saudara seorang selebriti Rafi AhmadNisya Ahmad diangkat menjadi anggota DPRD Jawa Barat periode 2024-2029 di Bandung pada awal tahun ini.

Nisya–yang gagal mendapatkan kursi di Pemilu Legislatif 2024–menjadi anggota DPRD setelah temannya di Partai PAN, Thoriqoh Nashrullah Fitriyah mengundurkan diri. Nisya dan Thoriqoh sama-sama anggota PAN di daerah pemilihan yang sama, Jawa Barat II.


Thoriqoh sendiri menyatakan akan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD sebelum pelantikan. Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni ​​pun membeberkan kronologis Thoriqoh memilih mundur hingga memutuskan mengangkat Nisya sebagai anggota DPRD Jabar periode 2024-2029.

Semua itu, kata Ummi, bermula pada 15 Agustus lalu saat pihaknya mempersilakan Thoriqoh menjelaskan maksud pengajuan pengunduran dirinya sebagai calon legislatif terpilih. Thoriqoh, kata dia, tidak datang sendiri karena didampingi pengurus PAN.

“Pada 15 Agustus 2024, KPU Jabar mengundang Thoriqoh Nasrullah Fitriyah dan didampingi pengurus PAN untuk menjelaskan pengunduran dirinya sebagai calon legislatif,” kata Ummi saat dihubungi, Rabu (4/9).

“Dan, beliau sendiri menghadiri dan membenarkan surat pengunduran diri (sebagai anggota Dewan yang ditunjuk) yang telah dibuat sebelumnya,” imbuhnya.

Usai klarifikasi, KPU pun menerbitkan surat Nomor 23 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan Nomor 17 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.

Perolehan suara Nisya Ahmad secara sah memperoleh 50.422. Sedangkan Thoriqoh sendiri memperoleh 58.495 suara di daerah pemilihan Jawa Barat II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Sebelumnya Thoriqoh juga dikenal sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Bandung.

Wakil Ketua PAN Viva Yoga mengungkapkan alasan Nisya diangkat di DPRD Jabar karena Thoriqoh mengundurkan diri sebagai anggota legislatif terpilih. Ia pun mengaku Thoriqoh mengundurkan diri sebagai calon legislatif terpilih DPRD Jabar, karena akan mendapat tugas baru dari PAN.

“Puan Thoriqoh sudah resmi mengundurkan diri sebagai anggota DPR terpilih karena akan mendapat penugasan dari partai ke tempat baru. Soal penugasannya nanti akan kami informasikan,” ujarnya saat dihubungi. CNNIndonesia.com.

“Nyonya Thoriqoh adalah kader militan PAN dan pejuang partai,” imbuhnya.

(csr/anak-anak)