Berita Kota Oakland AS Dukung Gencatan Senjata Penuh di Gaza

by

Jakarta, Pahami.id

Dewan Kota Oakland, California, Amerika Serikat (AS), mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata total di Jalur Gaza, Palestinadari serangan Israel.

Dewan di kota California Bay Area memberikan suara 8-0 untuk mendukung mosi yang mendukung resolusi kongres untuk gencatan senjata permanen, bersamaan dengan bantuan kemanusiaan tanpa batas ke Gaza, pemulihan layanan dasar, dan pembebasan semua sandera.


“Jumlah anak-anak yang terbunuh sejak 7 Oktober melebihi jumlah anak-anak yang terbunuh dalam konflik global selama empat tahun terakhir,” kata Presiden dewan Nikki Fortunato Bas. Pers TerkaitSenin (27/11).

“Saya sungguh malu melihat seorang bayi meninggal. Gencatan senjata akan menjadi sangat penting untuk menghentikan pembunuhan tersebut,” kata anggota dewan Kevin Jenkins.

[Gambas:Video CNN]

Resolusi Dewan Kota Oakland ini diikuti oleh beberapa ratus orang. Menurut laporan Associated Press, beberapa orang bahkan terlihat mengenakan syal keffiyeh Palestina, yaitu syal hitam-putih yang melambangkan perjuangan Palestina.

Seruan untuk gencatan senjata berarti Oakland bergabung dengan beberapa kota lain di AS, dari Michigan hingga Georgia, yang juga mendorong hal yang sama.

Setidaknya tiga kota di Michigan dan Atlanta, serta Akron di Ohio, Wilmington di Delaware, dan Providence di Rhode Island, menyerukan gencatan senjata di Gaza.

“Kami telah melihat penargetan dan pembantaian warga sipil, fasilitas layanan kesehatan, rumah sakit dan ambulans,” kata salah satu pembicara.

“Tetap diam dalam menghadapi penindasan dan genosida menurut saya bukanlah respons yang dapat diterima.”

Selain itu, beberapa orang juga berpendapat bahwa masyarakat Oakland tidak seharusnya mendanai senjata untuk Israel. Uang tersebut, kata mereka, dapat dialihkan untuk mengatasi masalah-masalah di kota, seperti menyediakan perumahan bagi para tunawisma.

Sementara itu, resolusi Oakland menuntut gencatan senjata segera; pembebasan semua sandera; masuknya bantuan kemanusiaan tanpa batas ke Gaza; pemulihan pasokan makanan, air, listrik dan medis ke Gaza; penghormatan terhadap hukum internasional; serta menyerukan resolusi yang melindungi keselamatan seluruh warga sipil yang tidak bersalah.

Resolusi Oakland dikeluarkan saat Israel dan Hamas mengadakan gencatan senjata sementara selama empat hari.

Gencatan senjata disepakati sebagai hasil mediasi antara Qatar dan Mesir. Menyusul perjanjian tersebut, Hamas telah membebaskan sedikitnya 50 sandera Israel. Sebagai imbalannya, Israel akan membebaskan 150 tahanan Palestina.

Gencatan senjata ini berlaku mulai 24-27 November. Kini, gencatan senjata diperpanjang selama dua hari hingga 29 November.

(blq/pra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);