Berita Korut Lagi-lagi Tembakkan Rudal Balistik ke Perbatasan Korsel

by


Jakarta, Pahami.id

Korea Utara dilaporkan dipecat peluru kendali balistik ke Laut Timur Minggu (14/1). Peluncuran rudal tersebut terjadi beberapa hari setelah Pyongyang mengadakan latihan tembakan langsung di perbatasan maritim antar-Korea.

“Korea Utara menembakkan rudal balistik tak dikenal ke Laut Timur,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, seperti dikutip AFP, Minggu (14/1).

Korea Selatan mengatakan pihaknya mendeteksi peluncuran rudal tersebut, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.


Sementara itu, penjaga pantai Jepang melaporkan adanya objek rudal balistik yang berpotensi diluncurkan dari arah Korea Utara. Jepang kemudian mengimbau kapal-kapal di dekatnya untuk berhati-hati.

Peluncuran rudal tersebut terjadi setelah serangkaian latihan tembakan langsung Korea Utara di dekat perbatasan maritim Korea Selatan dalam beberapa waktu terakhir.

Latihan tersebut mengejutkan masyarakat global ketika Seoul memerintahkan penduduk di pulau-pulau sekitarnya untuk mengungsi.

Bukan tanpa alasan Korea Selatan memerintahkan warganya untuk mengungsi. Pasalnya, Korea Utara belakangan ini sedang bersiap berperang setelah hubungan dengan Korea Selatan tegang akibat latihan militer gabungan intensif antara Korea Selatan dan AS serta peluncuran satelit mata-mata Korea Utara yang membuat marah Seoul.

Korea Selatan geram dengan peluncuran satelit tersebut karena menganggap Korea Utara telah melanggar perjanjian militer dan resolusi Dewan Keamanan PBB.

[Gambas:Video CNN]

Korea Selatan juga memutuskan untuk menangguhkan sebagian perjanjian militer antar-Korea tahun 2018. Perjanjian tersebut bertujuan untuk mengurangi ketegangan antara kedua negara.

Korea Utara tidak menerima langkah Korea Selatan. Pyongyang juga membatalkan perjanjian mereka sepenuhnya.

Pada saat yang sama, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meningkatkan pengembangan persenjataan militer negaranya. Kim juga memperingatkan bahwa konflik bersenjata antara Korea Utara dan Selatan bisa terjadi kapan saja.

(blq/agustus)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);