Berita Komnas HAM Usut 27 Orang di Kasus Vina Cirebon, Belum Ada Titik Terang

by


Jakarta, Pahami.id

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) telah meminta keterangan kepada 27 orang dalam rangka pemantauan dan penyidikan kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Sejauh ini sudah 27 orang yang diperiksa, kata Kompol Anis Hidayah CNNIndonesia.comSelasa (4/6).

Anis menuturkan, puluhan orang yang diperiksa termasuk delapan orang terpidana beserta kuasa hukumnya, saksi kejadian, dan keluarga Vina.


Selain itu, Komnas HAM juga mendatangi Polda Jabar di Bandung untuk membahas kasus tersebut. Hal itu dilakukan pada Kamis (30/5).

Namun Komnas HAM tidak menemukan titik terang dari pemeriksaan puluhan orang tersebut. Oleh karena itu, penyelidikan masih berlangsung.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Belum [menemukan titik terang],” dia berkata.

Sebelumnya, tim pengacara keluarga korban pembunuhan Vina Cirebon mendatangi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta Pusat pada Senin (27/5).

Pengacara keluarga Vina, Putri Maya Rumanti mengatakan, pihaknya datang untuk melaporkan perkembangan terkini terkait penanganan kasus pembunuhan Vina.

Putri mengatakan, pihaknya juga meminta Komnas HAM menjamin layanan trauma healing dan restitusi kepada keluarga Vina. Putri juga ingin Komnas HAM menjamin proses hukum penanganan Vina dilakukan secara adil.

“Kemudian yang paling banyak kekhawatiran “Kepada Komnas HAM terkait perlindungan perempuan dan anak rentan, dalam hal ini kami ingin memastikan proses hukum yang adil terhadap perempuan tersebut, kelompok rentan ini, perempuan dan anak korban Vina,” kata Putri.

“Itu dilaporkan ke kami oleh pengacara dan juga terkait kepastian adanya trauma penyembuhan “Untuk keluarga Vina dan tentang jaminan kompensasi dan restitusi bagi keluarga korban,” imbuhnya.

(yla/DAL)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);