Berita Komeng Buka Suara soal Polemik Penempatan di Komite II DPD RI

by


Jakarta, Pahami.id

Anggota DPD RI asal Jawa Barat Alfiansyah Komentar buka-bukaan soal polemik penempatannya di Komite II DPD yang menjadi sorotan belakangan ini.

Komeng menjelaskan, Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin memberinya kebebasan memilih. Ia kemudian masuk Komite II setelah berdiskusi dengan Senator Jabar lainnya.

“Waktu itu saya hasil musyawarah Dapil Jabar di Komite Pertanian II. Memang visi misi saya di bidang seni dan budaya,” kata Komeng melalui Instagram @komeng.original, Sabtu (12/1). 10).


Soal Pak Sultan Najamudin, beliau juga memberi saya kebebasan. Bukan dari DPD atau Pak Sultan sebagai Ketua DPD yang menguji saya, tidak juga. Saya diberi kebebasan, lanjutnya.

Senator yang juga dikenal sebagai komedian ini mengatakan, dirinya ditawari untuk pindah ke Komite III, hal tersebut sejalan dengan visi dan misinya selama kampanye.

Meski demikian, ia mengaku diharapkan tetap berada di Komite II oleh senator lain, terutama dari panitia. Komeng kemudian menegaskan dirinya tidak ada masalah dengan Ketua DPD RI maupun anggota DPD lainnya.

“Kemarin saat sidang Tuan Sultan mengajukan diri, dan tiba-tiba teman-teman saya yang sudah berkumpul di panitia [bilang]“Bang Komeng tolong jangan bergerak,” kata Komeng.

Jadi, saya tidak ada masalah dengan Ketua DPD, saya juga tidak ada masalah dengan lembaga DPD, karena semua memberi saya kebebasan, tambahnya.

Senator asal Jawa Barat itu kemudian meminta para pemilihnya tidak perlu khawatir. Ia masih bisa pindah ke Komite III jika diperlukan.

Di sisi lain, sistem penugasan anggota DPD juga dapat berganti komite setiap tahunnya sehingga memungkinkan Komeng bertugas di beberapa komite sepanjang masa jabatannya.

Komeng kemudian menutup pernyataannya dengan menegaskan bahwa sebagai anggota DPD RI ia tetap menghormati lembaga dan pemimpin.

Saya bisa pindah ke Komite III hari ini, tapi di DPD katanya panitia itu kolektif kolegial. Jadi tahun ini saya bisa jadi Komite II, tahun depan Komite III semua sudah. untuk merasakannya,” kata Comment.

“Jangan khawatir pemilih, hari ini saya bisa pindah ke Komite III.. Dan secara institusional kita tetap menghormati DPD dan Ketua DPD,” pungkas komedian ikonik itu.

Komeng sebelumnya mempertanyakan keputusan pimpinan DPD yang menempatkan dirinya di Komite II. Komite ini bertanggung jawab di bidang pertanian, perkebunan, transportasi, kelautan, perikanan, energi, kehutanan, perekonomian masyarakat, badan usaha milik negara, industri, keamanan pangan, dan meteorologi-klimatologi-geofisika.

Komeng mengatakan, sejak awal dirinya ingin bergabung dalam komite yang menangani urusan seni dan budaya tersebut. Ia merasa belum ahli di bidang yang dicakup oleh Komite II.

“Yah, sebenarnya saya ingin masuk komite seni dan budaya, tapi saya terpilih jadi saya masuk komite II, yang saya tidak mengerti, tentang pertanian. Ya, kata ketua, saya harus belajar dengan cepat. Ketua bisa mengarahkan saya, di mana saya harus belajar. Oke, terima kasih Ketua, kata Komeng dalam rapat yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

(frl/wiw)