Berita Kim Jong Un Balik Gertak Ancaman AS, Lanjut Uji Rudal Antarbenua

by


Jakarta, Pahami.id

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un acuh tak acuh terhadap ancaman Amerika Serikat dan Korea Selatan dengan melanjutkan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) pada akhir pekan lalu.

Kantor berita Korea Utara, KCNADiberitakan Kim Jong Un bahkan turun dari gunung untuk menyaksikan langsung peluncuran ICBM bersama putri kesayangannya, Kim Ju Ae, yang digadang-gadang akan menjadi penerusnya di masa depan.


“(Peluncuran ICBM) mengirimkan sinyal yang jelas kepada kekuatan musuh, yang telah memicu histeria konfrontasi militer sembrono mereka terhadap Korea Utara,” kata Kim Jong Un seperti dikutip. KCNA pada Selasa (19/12).

Meluncurkan ReutersKim Jong Un mengatakan uji coba ICBM menunjukkan “keinginan Korea Utara untuk melakukan pembalasan paling keras dan kekuatannya yang luar biasa.”

KCNA menerbitkan apa yang dikatakannya sebagai gambar peluncuran ICBM. Foto tersebut memperlihatkan rudal diluncurkan dari lapangan yang tertutup salju dan disertai kepulan asap.

Lintasan tinggi ICBM dan waktu penerbangan 74 menit setara dengan jangkauan operasional hingga 15.000 km (9.300 mil) jika diluncurkan pada lintasan standar yang lebih datar.

Dengan kapasitas sebesar itu, ICBM yang diberi nama Hwasong-18 ini mampu menjangkau lapangan AS, menurut militer Jepang.

Korea Selatan mengatakan ICBM Korea Utara berbahan bakar padat sehingga lebih mudah diangkut dan ditembakkan lebih cepat, dibandingkan dengan versi bahan bakar cair.

Uji coba ICBM dilakukan Korea Utara tak lama setelah AS kembali mengeluarkan ultimatum kepada Pyongyang bahwa serangan nuklir dapat menyebabkan “berakhirnya rezim Kim”.

AS juga terus menunjukkan sikap konfrontatif dengan mendekatkan kapal selam bertenaga nuklir, pesawat pengebom strategis, dan kapal induk ke dekat semenanjung Korea.

AS dan Korea Selatan juga terus meningkatkan intensitas latihan militer gabungan melawan ancaman Korea Utara, yang telah menguji serangkaian rudal balistik dan pada November lalu meluncurkan satelit mata-mata militer pertamanya.

(rds/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);