Berita Kemungkinan Gencatan Senjata Gaza Dimulai Pekan Depan

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap gencatan senjata akan terjadi Gaza bisa dimulai awal minggu depan.

Saat ini perwakilan dari Mesir, Qatar, Amerika Serikat, Perancis dan negara-negara lain sedang mendiskusikan perjanjian gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas.

Isi perundingan perjanjian tersebut antara lain upaya penghentian pertempuran dan pembebasan sandera Israel di Gaza, serta pertukaran beberapa ratus tahanan Palestina dari penjara di Israel.


“Penasihat keamanan nasional saya mengatakan kepada saya bahwa kita sudah dekat, kita sudah dekat, dan kita belum selesai,” kata Biden seperti dikutip AFP.

Harapan saya Senin depan kita bisa mengadakan gencatan senjata, tambahnya.

Menurut Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan, perwakilan dari beberapa negara yang bertemu di Paris pada akhir pekan telah “mencapai pemahaman” tentang seperti apa kesepakatan untuk melepaskan sandera dalam gencatan senjata sementara.

Setelah pertemuan di Paris, para “ahli” dari Mesir, Qatar dan Amerika juga bertemu di Doha untuk melakukan pembicaraan yang dihadiri oleh perwakilan Israel dan Hamas.

Sumber Hamas mengatakan beberapa “amandemen baru” diusulkan mengenai masalah kontroversial tersebut. Namun Israel belum memberikan posisi jelas terkait syarat gencatan senjata dan penarikan pasukan di Gaza.

Beberapa waktu lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak penarikan pasukan dari Gaza dan menyebutnya sebagai “mimpi”.

Faktanya, dia mengatakan perjanjian gencatan senjata apa pun hanya akan menunda serangan militer terhadap kota Rafah di Gaza, yang kini menjadi surga bagi 1,4 juta warga Palestina.

Hampir lima bulan setelah invasi Israel ke Gaza, total 29.782 orang tewas di Gaza. Invasi ini juga menyebabkan krisis kesehatan bahkan kelaparan di wilayah tersebut.

(Dna)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);