Berita Kemlu Buka Suara soal Isu Menlu Retno Mundur dari Kabinet Jokowi

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Luar Negeri RI sudah buka-bukaan soal isu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ingin mundur dari kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal menampik isu tersebut dengan mengatakan Retno kini fokus dan sibuk menangani kepentingan Indonesia di luar negeri, salah satunya terkait isu Palestina.

“Menlu RI masih fokus dan sibuk menangani kepentingan Indonesia di luar negeri. Banyak hal yang perlu mendapat perhatian serius seperti masalah Palestina. Agendanya sangat padat,” kata Iqbal kepada wartawan.


Pada 19 Januari, Retno juga menegaskan dirinya sedang fokus menangani isu hubungan internasional. Saat itu, Retno mengaku mempunyai agenda sibuk termasuk mempersiapkan debat di Dewan Keamanan PBB terkait Gaza.

Sebenarnya saya sedang mempersiapkan debat di DK PBB terkait Gaza, besok malam saya akan ke New York, kata Retno kepada CNNIndonesia.comJumat (19/1).

Kabar sejumlah menteri berencana mundur dari jabatannya diungkapkan Ekonom Senior Institute of Economic and Financial Development (INDEF) Faisal Basri dalam Kajian Ekonomi Politik 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1).

Menurut Faisal, menteri yang akan mundur antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta menteri lain yang mulai merasa risih dengan Jokowi.

Hal ini disebut-sebut karena rasa frustrasi terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi yang dinilai merugikan masyarakat. Jokowi yang disinyalir bias terhadap pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 juga disebut-sebut menjadi penyebabnya.

Selain itu, pemberitaan tersebut juga semakin menguat setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu Jokowi pada Jumat (2/2).

Istana menolak anggapan pertemuan itu terkait isu Sri Mulyani keluar dari Kabinet Indonesia Maju.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Sri Mulyani dijadwalkan menerima Jokowi hari itu juga pukul 14.30 untuk melaporkan hal-hal terkait pelaksanaan APBN 2024.

Sri Mulyani dan Retno dikenal sebagai sahabat yang telah berteman selama kurang lebih 44 tahun sejak mereka duduk di bangku SMA.

Kedekatan keduanya kerap terekam kamera, salah satunya saat berpelukan usai Indonesia selesai menjadi presiden G20 pada November 2022.

(blq/dna)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);