Berita Kapal Tenggelam di Kawasan Taman Nasional Komodo, 15 Orang Dievakuasi

by


Jakarta, Pahami.id

Kapal KM Budi Utama tenggelam di perairan selatan Pulau Padar, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (22/6). Seluruh penumpang dan awak selamat dan telah dievakuasi.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan dan Pelabuhan Kelas III (KSOP) Labuan Bajo, Stephanus Risdiyanto menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.00 WITA.


Kapal diduga tenggelam karena terseret arus dan tidak dapat dikendalikan di titik pertemuan, kata Antara, Sabtu.

Tim Aksi Darurat mengevakuasi 15 orang di dalamnya. Mereka dipindahkan ke Labuan Bajo menggunakan KM Senada Phinisi.

Berdasarkan manifes kapal, penumpangnya berjumlah 15 orang yang terdiri dari 10 penumpang dan lima awak kapal, kata Stephanus.

Kepala Pos SAR Manggarai Barat, Edy Suryono mengatakan, proses perpindahan berjalan lancar dan penumpang kapal tiba di Labuan Bajo sekitar pukul 11.30 Wita.

Penumpangnya adalah wisatawan dan tiga di antaranya merupakan wisatawan asing.

“Ada dua korban wisatawan asing yang mengalami luka ringan dan telah dipindahkan ke RS Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan perawatan medis,” ujarnya di Pelabuhan Marina Waterfront City Labuan Bajo.

Dijelaskannya, ada beberapa alat utama yang dikerahkan dalam evakuasi tersebut, antara lain RIB 400 PK Labuan Bajo, Sea Rider KSOP 300 PK Labuan Bajo, Ditpolair KPC 12000 PK Polda NTT 1, Rapid Land Pos SAR Manggarai Barat, Palsar Air Lainnya dan Searider 85 PK Kapolsek Baharkam.

(Antara/malam)