Berita Jokowi Undang Rombongan Ulama dan Ribuan Jemaah ke Istana Hari Ini

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Jokowi mengundang ulama dan sekitar 3 ribu jamaah ke Istana Kepresidenan Jakarta malam ini. Para ulama akan mengikuti zikir dan doa nasional menjelang peringatan 17 Agustus.

Acara akan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB di Istana Merdeka. Para akademisi dan peserta akan hadir mulai sore hari.

Rangkaian Bulan Kemerdekaan akan kita buka dengan tazkirah dan doa nasional di halaman Istana Merdeka yang akan dihadiri oleh para ulama dan tokoh agama yang diikuti sekitar 3 ribu peserta, kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers acara tersebut. Kantor Sekretaris Negara, Jakarta, Kamis (1/8).


Pratikno menjelaskan tazkirah dan salam nasional menjadi agenda pembuka Bulan Kemerdekaan tahun ini. Ada beberapa kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan setelahnya.

Misalnya saja pada acara pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Jokowi. Tahun ini, upacaranya digelar di ibu kota nusantara.

Kemudian diadakan acara penganugerahan kehormatan di Istana Negara, Jakarta. Setelahnya, Jokowi akan melanjutkan pidato kenegaraan dan menyampaikan RAPBN serta nota keuangan di Gedung Nusantara, MPR DPR DPD Jakarta.

Tahun ini, penghormatan dan refleksi sakral diadakan di dua tempat pada pagi hari tanggal 17 Agustus.

Upacara penghormatan dan renungan sakral di TMP Kalibata dipimpin Wakil Presiden, di Taman Kusuma Bangsa IKN dipimpin Presiden, ujarnya.

Kemudian momen upacara deklarasi juga akan digelar di dua tempat. Upacara inti dilaksanakan dengan upacara militer di IKN. Kemudian upacara di Jakarta hanya dilanjutkan dengan prosesi yang dipimpin oleh IKN.

Jokowi memimpin upacara di IKN. Upacara di Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dilaksanakan di IKN sesuai waktu Indonesia Barat. Dilaksanakan juga di Jakarta sesuai waktu Jakarta setempat, ujarnya.

(dhf/gil)