Berita Jokowi di Colomadu, SBY-Mega di Jakarta

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Rumah jompo untuk Presiden Jokowi Pembangunan dimulai di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jokowi mengikuti beberapa presiden yang sebelumnya mendapat jatah rumah jompo.

Pemberian rumah oleh negara kepada presiden dan wakil presiden diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978.

Dewan diberikan satu kali meskipun presiden atau wakil presiden menjabat lebih dari satu periode.


Jokowi memilih Colomadu

Rencana Jokowi memilih rumah di Colomadu sudah terungkap ke publik sejak akhir tahun 2022. Camat Colomadu Sriyono Budi Santoso mengatakan, rumah pensiunan Jokowi akan memiliki luas 2.000 hingga 3.000 meter persegi.

Rumah tersebut dikatakan berada di lokasi yang strategis. Dekat dengan Bandara Adi Soemarmo serta tol Semarang dan Yogyakarta.

Sekretaris Kementerian Negara Setya Utama mengatakan, lokasi di Colomadu merupakan pilihan Jokowi. Dia tidak mengetahui alasan Jokowi memilih lokasi tersebut.

Dia hanya memastikan rumahnya didirikan sesuai hukum. Rumah bisa langsung ditempati jika sudah siap.

“Rumahnya bisa segera ditempati dan dimiliki, bisa diwariskan kepada ahli warisnya,” kata Satya melalui pesan singkat, Kamis (27/6).

Megawati di Menteng

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri memilih rumah jompo di Jakarta Pusat. Alamat rumahnya Jalan Teuku Umar Nomor 27 dan 27A, Menteng, Jakarta Pusat.

Mega sudah menggunakannya sejak menjadi presiden. Dia terus tinggal di rumah itu setelah presidennya pensiun.

Rumah Teuku Umar banyak dikenal sebagai lokasi beberapa peristiwa politik. Politisi yang ingin bertemu Mega biasanya mendatangi rumah tersebut. Jokowi juga beberapa kali mampir ke rumah tersebut.

SBY di Mega Kuningan

Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih lokasi Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Rumah jompo SBY berlokasi di Jalan Mega Kuningan Timur VII Nomor 26, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Terletak tepat di belakang Kedutaan Besar Qatar untuk Indonesia. Rumah sepi karena SBY tidak setiap hari menginap di dalamnya.

SBY lebih sering berada di rumahnya di Cikeas, Bogor. Rumah SBY di Cikeas dikelilingi rumah anak dan keluarganya.

(df/bmw)