Berita Joe Biden Tegaskan Bakal Terus Gempur Houthi di Yaman

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pasukan AS dan Inggris menyerang kelompok itu Houthi Yaman akan berlanjut, pada Kamis (18/1).

Pemberontak yang didukung Iran terus menyerang kapal-kapal di Laut Merah.


“Ketika Anda mengatakan ‘bekerja, apakah mereka menghentikan Houthi?’ Tidak. Apakah serangan ini akan berlanjut? Ya,” kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih ketika ditanya apakah serangan itu berhasil, dikutip dari AFP.

Militer AS melancarkan serangan baru terhadap kelompok Houthi pada hari Kamis. Serangan itu menargetkan rudal anti-kapal yang diklaim akan digunakan untuk melancarkan serangan di Laut Merah.

“Kami melakukannya lagi pagi ini, menyerang… beberapa rudal anti-kapal yang kami yakini sedang dipersiapkan untuk ditembakkan ke Laut Merah bagian selatan,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby kepada wartawan.

AS telah melancarkan beberapa serangan udara terhadap Houthi, termasuk fasilitas rudal dan drone, sejak serangan awal pasukan AS dan Inggris terhadap sasaran di Yaman pada Jumat lalu.

Namun kelompok Houthi terus menyerang kapal-kapal di Laut Merah. Serangan itu untuk mendukung rakyat Palestina di Gaza. Baru-baru ini, kelompok ini menyerang sebuah kapal kargo Amerika.

Washington kembali menyebut Houthi sebagai “kelompok teroris” pada hari Rabu dan melancarkan serangan terhadap 14 rudal Houthi pada hari yang sama.

Serangan AS dan Inggris di Yaman telah menimbulkan kekhawatiran mengenai eskalasi ketegangan lebih lanjut di wilayah tersebut menyusul serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan serangan balik Israel terhadap Gaza.

(AFP/fra)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);