Berita Jeff Merkley Jadi Senator AS Kedua yang Desak Gencatan Senjata di Gaza

by

Jakarta, Pahami.id

Senator Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Jeff Merkley, menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina.

Seruan Merkley disampaikan dalam unggahannya di X.


“Saya menyerukan gencatan senjata, penghentian permusuhan oleh kedua belah pihak,” kata Merkley seperti dikutip Al JazeeraSenin (20/11).

Merkley mengatakan gencatan senjata harus diikuti dengan negosiasi yang harus mencapai beberapa tujuan utama, termasuk “pembebasan semua sandera dan masuknya bantuan kemanusiaan secara besar-besaran.”

Seruan Merkley menandai kedua kalinya anggota Senat AS menyerukan gencatan senjata di Gaza. Sebelumnya, Richard Durbin juga menyerukan gencatan senjata segera.

Dikutip Al JazeeraTindakan kedua legislator ini kontras dengan sikap ‘defensif’ Washington yang menolak mendukung gencatan senjata.

[Gambas:Video CNN]

Seperti sekutunya Israel, AS percaya bahwa waktu yang tersedia dari gencatan senjata hanya akan digunakan oleh Hamas untuk mengumpulkan kembali pasukannya untuk menyerang negara Zionis.

Namun demikian, terdapat laporan bahwa para pejabat Washington mulai meningkatkan seruan untuk jeda kemanusiaan di Gaza.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden dalam opininya pada Sabtu (18/11) menyerukan Israel untuk menghormati hukum kemanusiaan internasional dan meminimalkan korban sipil dalam tindakannya di Gaza. Namun Biden menolak gagasan gencatan senjata yang belakangan ini banyak digalakkan, termasuk oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Agresi Israel di Gaza sejak 7 Oktober semakin memburuk dan mulai gencar menyasar fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, dan tempat ibadah.

Tentara Nasional Zionis telah menyerang Rumah Sakit Al Shifa, rumah sakit terbesar di Gaza, serta Rumah Sakit Indonesia, menewaskan sedikitnya 12 orang.

Ratusan orang juga terpaksa mengungsi akibat pengepungan Israel dan serangan terhadap fasilitas medis.

Hingga saat ini, jumlah kematian di Gaza mencapai 13.300 orang, yang mayoritas adalah anak-anak dan perempuan.

(blq/rds)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);