Berita Israel Tarik Dubes dari Afsel Jelang Pertemuan BRICS Bahas Gaza

by

Jakarta, Pahami.id

Pemerintah Israel memanggil duta besarnya untuk Afrika Selatan sehari sebelum pertemuan negara-negara anggota BRIK.

BRICS diketahui berencana menggelar pertemuan di Praetoria, Afrika Selatan untuk membahas konflik di Gaza antara Israel dan Palestina.

“Menyusul pernyataan terbaru Afrika Selatan, Duta Besar Israel untuk Pretoria telah dipanggil kembali ke Yerusalem untuk melakukan perundingan,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Israel Lior Haiat di situs media sosial X.


Duta Besar Israel untuk Afrika Selatan dipanggil kembali ke Yerusalem pada Senin (20/11). Sementara BRICS akan menggelar pertemuan pada Selasa (21/11).

Pertemuan BRICS akan digelar untuk membahas konflik antara Israel dan Palestina yang telah berlangsung selama enam minggu.

Para kepala negara Brazil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan sebagai anggota utama BRICS akan hadir secara virtual.

Negara lain seperti Arab Saudi, Argentina, Mesir, Ethiopia, Iran dan Uni Emirat Arab juga akan berpartisipasi dalam pertemuan BRICS.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga berencana berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.

Selama ini negara-negara BRICS kerap bersuara menyikapi konflik Israel dan Palestina. Afrika Selatan adalah salah satu negara yang merasa harus ada penyelidikan atas kejahatan yang dilakukan dalam konflik tersebut.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia bersama perwakilan Liga Arab dan negara mayoritas Muslim lainnya akan berangkat ke ibu kota Rusia, Moskow, untuk membahas agresi Israel terhadap Palestina.

Rencana kunjungan ke Negeri Beruang Merah ini bertujuan untuk menggalang dukungan agar gencatan senjata segera dilaksanakan.

“Besok Menlu OKI [Organisasi Kerja Sama Islam] “akan terus meningkatkan dukungan terhadap Moskow,” kata Retno dalam konferensi pers virtual, Senin (20/11).

(AFP/bmw)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);