Berita Israel Klaim Kuasai 75 Persen Koridor Philadelphi Gaza-Mesir

by


Jakarta, Pahami.id

tentara Israel mengaku sudah menguasai 75 persen Koridor Philadelphiayang merupakan zona penyangga di perbatasan Gaza dan Mesir.

Penasihat keamanan nasional Israel, Tzachi Hanegbi, mengatakan pasukan militer Israel telah menguasai sebagian besar koridor Philadelphi, menyusul bentrokan baru-baru ini di sekitar koridor tersebut.

“Di Gaza, IDF saat ini menguasai 75 persen Koridor Philadelphi. Saya yakin IDF (Pasukan Pertahanan Israel) akan sepenuhnya menguasai koridor tersebut seiring berjalannya waktu,” kata Hanegbi kepada Radio Israel, Kan, Rabu (29/5). .


Hanegbi mengatakan rencana Israel untuk menguasai sepenuhnya koridor Philadelphi akan dikoordinasikan dengan pihak berwenang Mesir. Israel kemudian akan bekerja sama dengan Mesir untuk memastikan tidak ada lagi penyelundupan senjata di zona penyangga.

Juru bicara IDF Daniel Hagari dalam kesempatan terpisah juga mengatakan bahwa pasukan militer telah berhasil memperoleh kendali operasional di koridor Philadelphi.

Hagari menjelaskan, pengambilalihan tersebut dilakukan karena koridor Philadelphia disebut-sebut biasa digunakan kelompok Hamas Palestina sebagai tempat penyelundupan senjata.

“Koridor Philadelphi berfungsi sebagai jalur oksigen bagi Hamas, yang secara rutin digunakan untuk menyelundupkan senjata ke Jalur Gaza,” kata Hagari. Reuters.

Koridor Philadelphi tegang ketika pasukan keamanan Mesir dan pasukan militer Israel terlibat dalam pertempuran yang menyebabkan dua tentara Mesir tewas.

Peristiwa itu terjadi pada Senin (27/5) yang konon bermula ketika tentara menara pengawas Mesir melihat kendaraan lapis baja Israel melintasi garis dekat perbatasan.

Tentara juga berusaha menghentikan kendaraan Israel dengan melepaskan tembakan. Mendengar penembakan tersebut, tentara Israel kemudian membalas tembakan. Tentara Mesir itu terbunuh.

Peristiwa ini memicu terjadinya pertempuran antara pasukan Mesir dan Israel hingga akhirnya Zionis mundur dari kawasan tersebut.

Koridor Philadelphi sendiri kini berada di bawah kendali Mesir. Kawasan ini merupakan satu-satunya bagian Gaza yang tidak dikuasai Israel sehingga menghubungkan kawasan tersebut dengan dunia luar.

(blq)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);