Berita Israel Gempur Ibu Kota Suriah, Timur Tengah Makin Chaos

by


Jakarta, Pahami.id

Israel melancarkan serangan udara yang menargetkan sebuah bangunan tempat tinggal di kawasan Mezzah ibu kota Damaskus, Suriahpada Selasa (8/10) malam waktu setempat.

Mengutip sumber militer Suriah, laporan media pemerintah mengatakan serangan udara Israel menewaskan tujuh warga sipil, termasuk anak-anak dan wanita. Sementara itu, 11 orang juga terluka akibat serangan udara tersebut.


Sumber tersebut menambahkan bahwa serangan itu juga menyebabkan kerusakan material yang “parah” di kawasan pemukiman sipil di wilayah sekitarnya.

Menurut sumber yang sama, serangan udara tersebut terdiri dari tiga rudal yang datang dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.


Media pemerintah Suriah juga melaporkan bahwa sistem pertahanan udara telah mencegat ancaman “musuh” di sekitar Damaskus.

Dikutip ReutersIsrael memiliki sejarah panjang dalam melakukan serangan terhadap Suriah, terutama menargetkan beberapa situs milisi pro-Iran.

Namun serangan udara ini terjadi ketika Israel juga sedang berperang dengan milisi Hizbullah di Lebanon hingga Tel Aviv melancarkan serangan darat ke negara tersebut.

Di saat yang sama, Israel terus melakukan agresi brutal terhadap Jalur Gaza Palestina yang terjadi sejak Oktober 2023.

Israel juga baru-baru ini menghadapi serangan ratusan rudal balistik dan hipersonik dari Iran, yang menyebabkan sistem anti-rudal utamanya, Iron Dome, gagal berfungsi.

Serangan Israel ke Damaskus dikhawatirkan akan semakin meningkatkan dan memperluas perang di Timur Tengah.

Sebab, sejak invasi brutal ke Jalur Gaza pada Oktober lalu, Israel terus menghadapi serangan dari beberapa milisi pro-Iran di kawasan tersebut seperti Hamas, Hizbullah, dan Houthi di Yaman.

(rds)