Berita Hamas Setujui Resolusi DK PBB soal Gencatan Senjata di Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Kelompok Hamas menyerukan diterimanya resolusi gencatan senjata Dewan Keamanan PBB (DK PBB) dan bersedia bernegosiasi.

Pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan kelompoknya akan membahas rincian resolusi tersebut dan meminta Amerika Serikat untuk memastikan Israel mematuhi resolusi tersebut.


Zuhri juga mengatakan Hamas menerima resolusi DK PBB terkait gencatan senjata, penarikan pasukan Israel, dan pertukaran sandera di Gaza dengan tahanan Palestina di Israel.

“Pemerintah AS kini menghadapi ujian nyata untuk menjalankan komitmennya dalam menegakkan pendudukan [Israel] “untuk segera mengakhiri perang sebagai implementasi resolusi Dewan Keamanan PBB,” kata Abu Zuhri, seperti diberitakan Reuters.

Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB menyetujui resolusi yang dirancang Amerika Serikat untuk gencatan senjata di Gaza. Resolusi tersebut disetujui oleh 14 negara, sementara Rusia abstain.

Dewan Keamanan PBB disebut menyambut baik proposal gencatan senjata baru yang diajukan Presiden AS Joe Biden pada 31 Mei, yang diterima Israel, menyerukan Hamas untuk juga menerimanya, dan mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya menerapkan ketentuannya.

Tahap pertama dari rencana tersebut mencakup “gencatan senjata segera, lengkap dan komprehensif dengan pembebasan sandera termasuk perempuan, orang tua dan yang terluka.”

Kemudian tahap kedua adalah penghentian permusuhan secara permanen “sebagai imbalan atas pembebasan semua sandera lainnya yang masih berada di Gaza, dan penarikan total pasukan Israel dari Gaza.”

Setelah itu, fase ketiga mencakup “rencana rekonstruksi besar-besaran multi-tahun untuk Gaza” dan mengembalikan sandera yang tersisa di Jalur Gaza ke Israel, seperti dikutip dari UN News.

(DNA/DNA)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);