Berita Hamas Beberkan Negosiasi dengan Israel Selain Gencatan Senjata

by
Jakarta, Pahami.id

petugas senior HamasIzzat al-Rishq, mengatakan perjanjian gencatan senjata antara pihaknya dan Israel akan diputuskan dalam waktu dekat.

Ke Al Jazeeraal-Rishq mengatakan, selain gencatan senjata, perjanjian Hamas-Israel juga akan mencakup aturan truk bantuan untuk memasok seluruh wilayah di Gaza, serta pemindahan pasien ke negara lain untuk berobat.


Perjanjian tersebut juga mengatur pertukaran sandera, khususnya perempuan dan anak-anak baik dari pihak Palestina maupun Israel.

“Kami telah mengirimkan tanggapan kami ke [mediator] di Qatar dan mereka akan mengumumkan perjanjian tersebut,” kata al-Rishq, seperti dikutip Al Jazeera, Selasa (21/11).

Kesepakatan gencatan senjata disebut memakan waktu lama karena Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terus mengulur waktu.

Sejak awal invasi, Tel Aviv berulang kali menegaskan tidak menginginkan gencatan senjata. Mereka menilai waktu yang ada akan dimanfaatkan Hamas untuk berkumpul kembali dan menyerang Israel.

Meski begitu, tekanan dunia internasional agar kedua pihak yang bertikai untuk melakukan gencatan senjata semakin meningkat.

Menurut laporan Al JazeeraPerjanjian gencatan senjata ini juga telah disetujui oleh seluruh brigade di pihak Palestina.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh sebelumnya mengatakan perundingan untuk mengakhiri konflik semakin mendekati kesepakatan.

“Kami semakin dekat dengan perjanjian gencatan senjata (dengan Israel),” kata Haniyeh dalam pernyataan yang diposting Hamas di saluran Telegram mereka pada Selasa (21/11).

Pejabat Israel juga sudah memberi isyarat lampu hijau terkait perjanjian gencatan senjata ini.

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]



!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);