Berita Gunung Lewotobi Laki-laki Tiga Kali Erupsi Pagi Ini

by


Jakarta, Pahami.id

Gunung Lewotobi Laki, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami tiga kali kejadian letusan pada Sabtu (1/6) pagi.

Berdasarkan pantauan Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Herman Yosef S Mboro, letusan pertama terjadi pada pukul 4.52 WITA.


Letusan tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 101 detik, demikian laporan Herman terkait erupsi pertama, seperti dilansir Antara. di antara.

Letusan kedua terjadi pada pukul 05:09 Wita. Letusan ini terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 447,3 mm dan durasi 327 detik.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Belum lama ini, terjadi letusan ketiga pada pukul 05:24 WITA yang terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 14,8 mm dan durasi 175 detik. Ketinggian kolom letusan terpantau sekitar 200 meter di atas puncak gunung.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga abu-abu dengan intensitas sedang ke arah barat daya, kata Herman.

Gunung Lewotobi Men saat ini berstatus Waspada atau level II. Warga sekitar dan wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 kilometer (km) dari pusat letusan.

Masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki ingin mewaspadai potensi banjir lahar di sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, kata Herman.

(Antara/asar)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);