Berita Gencatan Senjata Hari Keempat, Apa yang Akan Terjadi Besok?

by
Jakarta, Pahami.id

Jika tidak ada kesepakatan untuk memperpanjang jangka waktu penghentian perang sementara, maka dilakukan gencatan senjata Israel Dan Hamas akan selesai hari ini, Senin (27/11).

Pada Jumat (24/11), Israel dan Hamas sepakat untuk memulai gencatan senjata pada pukul 07.00 waktu Gaza atau 12.00 WIB. Gencatan senjata kemudian dilanjutkan dengan pembebasan dan pertukaran sandera atau tahanan.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Hamas harus membebaskan sedikitnya 50 sandera Israel. Sebagai imbalannya, Israel akan membebaskan sekitar 150 tahanan Palestina. Mereka yang dibebaskan sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan.


Hingga Senin (27/11) malam waktu Indonesia, Hamas telah membebaskan sekitar 62 orang, termasuk 40 warga Israel, 17 warga Thailand, satu warga Filipina, satu warga Israel-Rusia, dan tiga warga asing, salah satunya adalah Abigail.Edan, empat tahun penjara. -anak tua Amerika-Israel.

Jumlah tersebut lebih besar dari jumlah yang diminta Israel untuk membebaskan 50 sandera dalam gencatan senjata yang berlangsung selama empat hari.

Sementara Israel baru saja membebaskan 117 tahanan Palestina.

Radio Militer Israel melaporkan, pemerintah Israel kini menunggu tanggapan dari Hamas terkait perpanjangan perjanjian gencatan senjata satu hari lagi.

Belum ada tanggapan dari Hamas atau rincian kesepakatan jika diperpanjang.

Hamas pada Minggu (26/11) malam menyatakan ingin memperpanjang gencatan senjata dengan Israel.

Keinginan untuk memperpanjang gencatan senjata disambut baik oleh komunitas internasional. Qatar, sebagai mediator perjanjian gencatan senjata, juga mengutarakan kemungkinan tersebut.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga menyatakan dukungan serupa, dengan mengatakan pihaknya berusaha membantu mewujudkan perpanjangan gencatan senjata antara kedua belah pihak.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sejauh ini menegaskan akan memberikan satu hari tambahan jika Hamas ingin membebaskan 10 sandera tambahan.

Bersambung di halaman berikutnya…


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);