Berita Gencatan Senjata Hari Ke-5, Sudah Berapa Tawanan Dilepas Hamas-Israel?

by

Jakarta, Pahami.id

Gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas Palestina resmi memasuki hari kelima, setelah diperpanjang dua hari hingga Rabu (29/11).

Sejauh ini, Hamas telah membebaskan 69 sandera mulai dari warga negara Israel hingga warga asing.


Pada Senin (27/11), Hamas kembali membebaskan 11 warga Israel, sebagai imbalan atas pembebasan 33 warga Palestina oleh Israel.

Tahanan yang baru-baru ini dibebaskan oleh Hamas memiliki kewarganegaraan ganda. Jumlah tersebut meliputi tiga warga negara Perancis, dua warga negara Jerman, dan enam warga negara Argentina.

Seperti dilansir Middle East Eye, pelepasan tersebut terjadi ketika Qatar mengumumkan perpanjangan gencatan senjata antara Israel dan Hamas selama dua hari, setelah awalnya berlangsung selama empat hari.

Israel dan Hamas sebelumnya menyetujui gencatan senjata selama empat hari pada 24-27 November. Dalam kesepakatan itu, Hamas harus membebaskan 50 sandera. Sebagai tanggapan, Israel akan membebaskan 150 warga Palestina dari penjara negara tersebut.

Hingga Senin, jumlah warga Palestina yang dibebaskan oleh Israel sesuai dengan perjanjian. Berbeda dengan Hamas yang melebihi jumlah yang disepakati.

Bersamaan dengan itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk memperpanjang masa gencatan senjata.

Mulai hari ini, Selasa (28/11), gencatan senjata antara Israel dan Hamas resmi diperpanjang selama dua hari hingga Rabu (29/11).

Perpanjangan ini diumumkan langsung oleh Qatar sebagai mediator kedua belah pihak, bersama dengan Mesir.

Penasihat senior Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, perempuan dan anak-anak tetap menjadi sandera dan mendapat prioritas untuk dibebaskan.

“Pemahaman saya adalah masih ada cukup perempuan dan anak-anak di Gaza yang ditahan oleh Hamas untuk 20 (pembebasan) berikutnya,” kata Regev.

Sementara itu, Layanan Informasi Nasional (SIS) Mesir, Diaa Rashwan, mengatakan perpanjangan gencatan senjata termasuk pembebasan 20 sandera Hamas di Gaza. Sebagai imbalannya, 60 tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel juga akan dibebaskan.

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);