Berita Gempa M 5,1 di Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

by


Jakarta, Pahami.id

Gempa bumi Tektonik berkekuatan 5,1 terjadi di Samudera Hindia di Pantai Barat Sumatera di Kaur, BengkuluMinggu (3/3) sore.

Sedangkan untuk gempa yang terjadi, pemodelan dari BMKG menyatakan tidak ada potensi tsunami.

Minggu 03 Maret 2024 pukul 22.07.42 WIB wilayah Samudera Hindia Pesisir Barat Sumatera, Kaur, Bengkulu diguncang gempa tektonik, demikian keterangan BMKG.


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini telah memperbarui parameter dengan magnitudo M4,9. Pusat gempa terletak pada koordinat 5,15° Lintang Selatan; 102,97° Bujur Timur, atau tepatnya terletak di laut pada jarak yang jauh. 57 km barat daya Kaur, Bengkulu pada kedalaman 43 km,” lanjut keterangan tersebut.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

BMKG menyatakan, gempa tersebut berdampak dan dirasakan di wilayah Liwa dengan skala intensitas III MMI (Getaran jelas terasa hingga ke dalam rumah. Getarannya terasa seperti truk yang melintas).

Guncangan juga dirasakan di wilayah Kaur dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan yang tergantung bergoyang), wilayah Kepahiang dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda ringan yang tergantung bergoyang terasa) .

Selain itu juga dirasakan di wilayah Oku Selatan dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda ringan yang tergantung bergoyang) dan wilayah Bengkulu Utara dengan skala intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang). beberapa orang, benda tergantung bergoyang ringan).

Hingga pukul 22.42 WIB, hasil pemantauan BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan, demikian keterangan BMKG.

(tim/anak-anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);