Berita Fakta Wajib Militer Korsel yang BTS Jalani, Ada Soal Companion Soldier

by

Jakarta, Pahami.id

Tujuh anggota boy band Korea Selatan BTS resmi bertugas di militer setelah RM, V, Jimin, dan Jung Kook memulai tugas nasional mereka pada awal Desember.

Tiga anggota BTS lainnya, yaitu Jin, J-Hope, dan Suga, telah menjalani wajib militer dalam periode waktu yang berbeda sejak akhir tahun 2022.


Keenam member BTS akan bertugas sebagai tentara aktif Korea Selatan, sedangkan Suga akan menjalankan tugasnya sebagai pekerja bakti sosial setara pegawai negeri sipil (PNS) sebagai alternatif wajib militer.

Berikut empat fakta wajib militer Korea Selatan yang kontroversial:

1. Apa yang dimaksud dengan dinas militer di Korea Selatan?

Wajib militer di Korea Selatan bervariasi karena setiap pria dewasa di negara tersebut akan ditugaskan ke berbagai jenis unit komando militer dengan jenis pelatihan berbeda.

Banyak pria Korea Selatan memilih untuk bertugas di militer setelah menyelesaikan tahun pertama studi sarjana mereka. Namun, ada juga yang memilih untuk bertugas di militer setelah lulus kuliah karena mereka dapat mendaftar sebagai perwira, pangkat militer yang lebih tinggi.

Salah satu alasan untuk mendapatkan pangkat yang lebih tinggi adalah untuk menghindari praktik perpeloncoan dan latihan keras selama menjalani wajib militer, dua hal yang menjadi perhatian masyarakat Bangsa Ginseng terkait program wajib militer selama ini.

Individu yang melakukan kekerasan selama dinas militer bahkan ditampilkan dalam serial Netflix “DP”.

Dikutip Washington Post, ada beberapa satuan militer yang menjadi pilihan favorit pria Korea Selatan yang ingin menjalani wajib militer. Salah satu unit favoritnya adalah Korean Augmentation to the US Army (KATUSA), yang mana unit ini akan bergabung dengan militer Amerika Serikat yang bertugas di Negeri Ginseng tersebut.

Setiap pria akan mendaftar program dinas militernya ke Kementerian Pertahanan Korea Selatan lengkap dengan pilihan unit mana yang akan diisi. Namun, Kementerian Pertahanan Korea Selatan pada akhirnya akan memanggil individu tersebut dan memutuskan penempatannya.

Sebelum ditempatkan di satuan tetap, setiap wajib militer akan mendapat pelatihan dasar di pemusatan latihan selama lima minggu.

Khusus KATUSA, warga Korea Selatan yang mendaftar wajib militer di unit ini harus mengikuti sejumlah tes seperti bahasa Inggris dan bakat sebelum diputuskan apakah bisa bergabung.

Program era Perang Korea ini terbilang unik dan dianggap salah satu yang paling populer di kalangan pria Korea Selatan karena dianggap tidak sekeras mereka yang bertugas langsung di militer Korea Selatan.

2. Pelayanan sosial

Wajib militer adalah wajib bagi setiap pria Korea Selatan berbadan sehat berusia 18-28 tahun. Korea Selatan tidak mewajibkan perempuan untuk bergabung dengan militer, namun mengundang mereka yang berminat untuk mendaftar ke Korps Pelatihan Perwira Cadangan.

Lamanya dinas militer juga bervariasi tergantung pada unit tempat Anda bertugas, tetapi sebagian besar berlangsung selama 18-21 bulan.

Bagi pria Korea Selatan yang tidak bisa wajib militer karena alasan kesehatan, pemerintah biasanya menempatkan mereka di layanan sosial dengan masa kerja lebih lama.

Suga menjadi satu-satunya anggota BTS yang bukan tentara aktif dan sedang menjalani wajib militer karena pemilik nama aslinya Min Yoongi telah menjalani operasi besar di bahunya.

Pada tahun 2019, Big Hit Entertainment mengungkapkan bahwa Suga telah didiagnosis menderita “robekan labral posterior di bahu kirinya”, yang berarti tulang rawan di sekitar sendi bahunya robek. Suga menderita cedera bahu selama bertahun-tahun karena mengalami kecelakaan di awal masa traineenya.

Suga akhirnya menjalani operasi pada akhir tahun 2020.

Lanjutkan ke halaman berikutnya >>>


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);