Berita Fakta-fakta Jelang Debat Perdana Duel Capres AS Trump vs Biden

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Joe Biden Dan Donald Trump akan saling berhadapan pada debat capres (kandidat) pertama Amerika Serikatyang akan dilaksanakan pada Kamis (27/6).

Ini akan menjadi debat pertama antara Biden dan Trump jelang pemilihan presiden AS 2024 pada November mendatang. Sebelumnya, keduanya juga pernah bertemu dalam pertarungan pemilihan presiden AS pada pemilu 2020.

Debat pertama calon presiden AS akan dipandu CNN di Studio Atlanta pada pukul 9 malam waktu setempat atau pada Jumat (28/6) pukul 8 WIB.


Debat tersebut diadakan dalam waktu singkat bulan lalu, setelah tim kampanye Biden mengonfirmasi bahwa ia bersedia berdebat dengan Trump menjelang pemilihan presiden.

Hanya dalam beberapa jam, debat calon presiden AS diperkirakan akan digelar pada Juni ini dan September mendatang.

Suasana debat kali ini juga berbeda dengan debat pada pemilu sebelumnya yang digelar Komisi Debat Presiden. Tahun ini, tim kampanye Biden menolak mengikuti debat yang digelar komisi tersebut karena tidak setuju aturan. untuk debat tahun 2020.

Aturan debat

Debat calon presiden AS minggu ini akan berlangsung selama 90 menit, dipandu oleh pembawa acara Jake Tapper dan Dana Bash.

Selain itu, debat juga akan berlangsung tanpa kehadiran penonton di studio, untuk memastikan kandidat dapat memaksimalkan waktu yang diberikan dalam debat.

Hanya akan ada dua jeda iklan dalam debat ini. Staf kampanye juga tidak diperbolehkan berinteraksi dengan kandidat.

Saat salah satu kandidat berbicara, mikrofon kandidat lainnya akan dibisukan. Kandidat akan diberikan waktu masing-masing dua menit untuk menjawab pertanyaan.

Menurut laporan CNN, tim kampanye Biden memenangkan undian lempar koin sehingga mereka dapat menentukan argumen penutup dan posisi kandidat di atas panggung.

Tim Biden telah memastikan bahwa mereka akan memilih podium di sebelah kanan, sedangkan Trump akan tampil dengan argumen penutup.

Persiapan debat

Sejak pekan lalu, Biden dikabarkan berada di Camp David untuk mempersiapkan debat. Dia telah mengadakan sesi informal dengan tim penasihatnya dan orang-orang dari Gedung Putih.

Biden juga akan melakukan latihan debat dengan pengacara pribadinya Bob Bauer yang akan berperan sebagai Trump.

Salah satu pemimpin tim debat Biden adalah Ron Klain yang merupakan mantan kepala staf Gedung Putih. Dia sebelumnya membantu Al Gore, Barack Obama, dan Hillary Clinton dalam mempersiapkan debat.

Tim kampanye Biden melihat debat minggu ini sebagai kesempatan untuk menyoroti rekam jejak dan visi presiden untuk empat tahun ke depan.

Sementara itu, persiapan debat Trump disebut lebih informal karena ia telah melakukan serangkaian pertemuan tertutup dengan timnya.

“Bagaimana saya harus mengatasinya? Haruskah saya bersikap tegas dan kasar dan hanya mengatakan Anda (Biden) adalah presiden terburuk dalam sejarah? Atau haruskah saya bersikap baik dan tenang, dan membiarkan dia berbicara,” kata Biden di luar kampanyenya di Philadelphia.

Syarat untuk berpartisipasi dalam debat

Agar memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam debat, kandidat harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh CNN.

Salah satunya adalah setiap kandidat harus memperoleh 15 persen suara dalam survei nasional terpisah terhadap pemilih terdaftar atau calon pemilih.

Selain itu, suara setiap kandidat harus menonjol, agar bisa mencapai ambang batas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangkan kursi presiden.

Robert F.Kennedy Jr. gagal memenuhi kriteria debat pada batas waktu minggu lalu, sehingga debat satu lawan satu akan diadakan antara Biden dan Trump.

(DNA/DNA)