Berita Dua Menteri Jokowi dari PKB Mundur dari Kabinet

by


Jakarta, Pahami.id

Dua menteri Presiden Joko Widodo dari Partai Kebangkitan Nasional (PKL) mengundurkan diri sebelum pensiun pada 20 Oktober 2024.

Mereka adalah Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar.


Pengunduran diri tersebut dilakukan karena keduanya akan dilantik menjadi anggota DPR periode 2024-2029 pada hari ini, Selasa (1/10).

Presiden menyetujui pengunduran diri tersebut dan telah menandatangani Keputusan Presiden memberhentikan dengan hormat Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah, kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Senin (30/9).


Presiden Jokowi, lanjut Ari, juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi kedua menteri dari PKB selama menjabat di Kabinet Indonesia Maju.

“Keputusan Presiden saat ini sedang dalam proses penetapan di Kementerian Sekretaris Negara,” ujarnya.

Melalui Perpres yang masih dalam proses, Jokowi juga menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pj Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Sementara posisi Pj Menteri Ketenagakerjaan akan diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Selain itu, Presiden telah mengeluarkan Keputusan Presiden No. 62/M, tanggal 27 September 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Bapak John Wempi Wetipo, sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri,” kata Ari.

Pemecatan Wempi karena ia mencalonkan diri pada Pilkada wilayah Papua Tengah tahun 2024. Meski demikian, Ari belum bisa menjelaskan apakah Presiden akan menunjuk Plt Wakil Menteri Dalam Negeri jelang masa pensiun Kabinet Indonesia Maju pada 20 Oktober mendatang.

(kr/wis)