Berita Demokrat Akan Umumkan Cagub Jakarta, Jabar, & Jateng Awal Agustus

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai demokrat Andi Arief mengatakan pihaknya akan mengumumkan calon gubernur dan wakil gubernur daerah prioritas pada awal Agustus Pilkada 2024.

Ada beberapa daerah prioritas yang dimaksud seperti Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Jawa Tengah dalam waktu dekat, Jabar dalam waktu dekat, DKI dalam waktu dekat. Ya, awal bulan depan sudah ada wilayah prioritas yang menjadi fokus masyarakat,” kata Andi Arief. di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Sabtu (20/7).


Meski begitu, Andi belum menyebutkan sosok mana yang akan didukung Partai Demokrat di tiga daerah tersebut.

Kata dia, Demokrat saat ini masih melakukan evaluasi terhadap proses pencalonan, misalnya mengukur elektabilitas suatu tokoh berdasarkan survei apakah mereka memiliki partai koalisi atau tidak.

Syaratnya, apakah dia punya elektabilitas, punya afiliasi atau tidak, dan hal-hal lain yang perlu dipersiapkan. Yang standar saja, katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku masih mempertimbangkan calon yang akan diusung pada Pilgub Sumut.

Terkait Sumut, kami selalu menganggap setiap calon sebagai mitra, kata AHY.

AHY menuturkan, Demokrat memiliki kriteria bahwa sosok yang ingin dicalonkan di Pilkada provinsi harus memiliki pasangan yang utuh. Sebab, mereka yang sudah mempunyai pasangan pasti berkomitmen dan siap bertarung di pilkada.

“Jadi bukan lagi setelah saya umumkan calon gubernur atau bupati, baru datang calon wakilnya. Kita tidak menggunakan pendekatan itu, tapi menggunakan pendekatan paket,” ujarnya.

“Jadi mohon maklum jika ada beberapa daerah yang menunggu konfirmasi dan komposisi,” imbuhnya.

(rzr/pra)