Berita Dana Perang Ukraina Hampir Habis, Zelensky Mau Temui Biden di AS

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Gedung Putih, Washington DC, hari ini, Selasa (12/12) waktu setempat.

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean Pierre mengatakan pertemuan itu akan membahas dukungan AS terhadap Ukraina.

“[Bapak Presiden] “menegaskan kembali komitmen dukungan AS yang tak tergoyahkan kepada rakyat Ukraina,” kata Pierre seperti dikutip Berita NBC.


Dia kemudian berkata, “Para pemimpin akan membahas kebutuhan mendesak Ukraina dan pentingnya dukungan berkelanjutan terhadap Amerika Serikat pada saat kritis ini.”

Sementara itu, kepresidenan Ukraina mengatakan pertemuan antara kedua pemimpin akan fokus pada isu-isu utama seperti “proyek bersama mengenai produksi senjata dan sistem pertahanan udara.”

Mereka juga mengatakan Zelensky dan Biden akan membahas kerja sama dan koordinasi antar negara pada tahun mendatang AFP.

Zelensky juga akan berbicara di hadapan Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Rencana pertemuan antara Biden dan Zelensky terjadi ketika Gedung Putih mencoba meningkatkan upayanya untuk membuat Senat dan DPR menyetujui bantuan untuk Ukraina.

Pekan sebelumnya, Senat AS gagal meloloskan rancangan undang-undang (RUU) pendanaan bantuan untuk konflik perbatasan termasuk Ukraina dan Israel.

Dari hasil pemungutan suara, hanya 49 senat yang mendukung dan 51 senat menolak RUU tersebut. Menurut aturan AS, untuk meloloskan RUU Anda memerlukan dukungan 100 anggota Senat. Mayoritas oposisi datang dari anggota Senat dari Partai Republik.

RUU tersebut akan menyediakan sekitar US$50 miliar atau Rp 776 triliun untuk Ukraina. Dana ini mencakup bantuan di bidang keamanan, kemanusiaan, dan ekonomi.

(isa/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);