Berita Daftar Negara Eropa yang Akui Negara Palestina Merdeka

by


Jakarta, Pahami.id

Pengakuan ini diumumkan pada Selasa (28/5), di tengah ketegangan global atas invasi brutal Israel ke Jalur Gaza baru-baru ini.


Perdana Menteri Irlandia Simon Harris mengatakan pengakuan ini dilakukan untuk menjaga perdamaian.

Dengan diakuinya ketiga negara tersebut, maka total ada 11 negara Eropa yang mengakui kemerdekaan Palestina.

Berikut negara-negara Eropa yang mengakui Palestina:

Swedia, Siprus, Hongaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Rumania, dan Bulgaria adalah delapan dari 27 negara Uni Eropa yang telah mengakui Palestina sebelum Irlandia, Spanyol, dan Norwegia.

Namun, negara-negara Eropa tersebut memberikan pengakuan tersebut sebelum mereka bergabung dengan Uni Eropa. Hanya Swedia yang mengakui Palestina pada tahun 2014.

Terbaru, Presiden Prancis Emmanuel Macron pun lantang menyatakan negaranya sangat siap mengakui kemerdekaan Palestina. Faktanya, selama ini Prancis menjadi sekutu Israel dan mendukung invasi Tel Aviv ke Jalur Gaza pada awal operasi militer pada 7 Oktober 2023.

Selain negara-negara Eropa, beberapa negara lain juga mengakui kemerdekaan Palestina. Total ada 143 negara termasuk negara Eropa yang sudah mengakui Palestina.

Dikutip Al JazeeraKebanyakan dari mereka adalah negara-negara Timur Tengah, Afrika dan Asia.

Negara-negara tersebut antara lain Afghanistan, Argentina, Azerbaijan, Bangladesh, Belarus, Brazil, Brunei, Burkina Faso, Chile, Kamboja, Kuba, Ekuador, Georgia, India, Indonesia, Iran, Irak, Yordania, Kenya, Libya, Lebanon, Malaysia, Meksiko , Kolombia, Vatikan, Thailand, Papua Nugini, Turki, Tiongkok, Rusia, Ukraina, dan Korea Utara.

Sementara Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang, Korea Selatan, dan sebagian besar negara Eropa Barat masih bersikukuh tidak mau mengakui Palestina.

(blq/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);