Berita Cucu Jamin Gintings di CNN Indonesia Awards: Pengabdian Kakek Tulus

by


Medan, Pahami.id

Ari Apriyanto, cucu Letjen TNI (Purn) Jamin Ginting Suka alias Jaminan GingitS menghadiri acara Pahami.id Awards 2024 yang digelar di Hotel JW Marriott Medan, Jumat (9/8).

Kehadirannya mewakili mendiang kakeknya penerima Pahami.id Lifetime Achievement Award.

Ari mengucapkan terima kasih kepada Pahami.id yang telah memberikan penghargaan tersebut. Katanya, ia bangga dengan perjuangan kakeknya.


Berkat CNN, saya Ari bisa menjadi cucu kebanggaan atas perjuangan kakek saya mendiang Jamin Gintings, kata Ari.

Ari bercerita, kakeknya beberapa kali berpindah-pindah keluarganya karena ancaman invasi Belanda agar ia bisa terus memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Katanya, kakeknya juga mementingkan pendidikan di Sumut. Jamin Gintings ikut mendirikan Universitas Sumatera Utara (USU).

Bakti datuk yang sangat ikhlas akhirnya meninggal dunia di Ottawa saat menjabat sebagai Dubes RI, ujarnya.

Sepeninggalnya, Jamin Gintings kini diabadikan di jalanan dengan nama terpanjang di Indonesia. Ia pun mengaku bangga dengan penghargaan yang diberikan CNN.

“Seluruh keluarga saya mengucapkan terima kasih kepada CNN dan semua yang hadir. Sekali lagi terima kasih,” ujarnya.

Untuk keempat kalinya, Pahami.id Awards memberikan penghargaan kepada pemerintah kota/kabupaten, menteri, BUMD, dan pihak swasta di Sumut.

Dalam penghargaan ini Pahami.id mengangkat tema “Sumut, Harmoni Untuk Indonesia Maju”.

Penghargaan ini dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Agus Fatoni, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Ketua CT Corp Chairul Tanjung, Direktur Transmedia Latif Harnoko, Pemimpin Redaksi Pahami.id Titin Rosmasari, dan beberapa pejabat lainnya.

Sebelumnya, acara pertama Pahami.id Awards digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 21 Maret lalu dengan mengangkat topik “Dari Sulawesi Selatan Sampai Nusantara”.

Kemudian acara kedua digelar di Kabupaten Badung, Bali, pada 13 Mei 2024. Lalu, acara Pahami.id Awards ketiga digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 10 Juli.

(yla/fra)