Berita China Kecam Israel Tak Berhenti Bangun Permukiman di Wilayah Palestina

by


Jakarta, Pahami.id

Tiongkok mengkritik Israel pada hari Jumat (22/12) untuk membangun permukiman di wilayah pendudukan Palestina. Beijing menentang perubahan sepihak terhadap status Yerusalem dan status quo dibentuk oleh sejarah.

Dalam konferensi pers rutin, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan bahwa negara Tirai Bambu menentang Israel membangun pemukiman di wilayah pendudukan Palestina.

“Kami percaya bahwa masalah status Yerusalem perlu diselesaikan melalui perundingan oleh pihak-pihak terkait sesuai dengan resolusi PBB yang relevan,” kata Wang, seperti dilansir AnatoliaJumat (22/12).


Mengingat ketegangan Palestina-Israel terus meningkat dan risiko konflik di Gaza meningkat, maka pihak-pihak terkait perlu berhati-hati dan menghindari tindakan apa pun yang dapat memicu eskalasi atau membuat situasi tidak terkendali, tambahnya.

Awal bulan ini, kelompok hak asasi manusia Israel Ir Amim mengatakan bahwa pemerintah Israel mengeksploitasi perang di Gaza untuk membangun pemukiman baru di Yerusalem Timur yang diduduki.

Menurut kelompok pemantau konflik Palestina-Israel di Yerusalem, pemukiman baru tersebut merupakan rencana pemukiman pertama yang disetujui sepenuhnya oleh pemerintah Israel sejak tahun 2012.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama Perang Arab-Israel tahun 1967. Mereka mencaplok seluruh kota pada tahun 1980 dalam sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Perkiraan menunjukkan bahwa sekitar 700.000 pemukim Israel tinggal di 164 pemukiman dan 116 pos terdepan di Tepi Barat yang diduduki, berdekatan dengan Yerusalem Timur.
Berdasarkan hukum internasional, semua pemukiman Yahudi di wilayah pendudukan dianggap ilegal.

Pengamat internasional mengatakan permukiman Israel dirancang untuk menggagalkan segala upaya untuk menciptakan negara yang berbatasan secara geografis, termasuk Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki.

(Wow)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);