Berita BINUS Online Hadirkan 4 Jurusan Baru Penuhi Kebutuhan Industri Terkini

by


Jakarta, Pahami.id

BINUS University kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pendidikan berkualitas melalui BINUS Online. Memasuki usianya yang ke 15, BINUS Online membuka 4 program studi baru yang siap mencetak SDM unggul untuk menjawab kebutuhan industri saat ini.

Keempat departemen baru yang dibuka BINUS Online tidak lepas dari kebutuhan industri terkini yang membutuhkan tenaga terampil yang mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi.

Bagi generasi muda yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dan bersiap memasuki dunia kerja setelah lulus, memahami kebutuhan industri saat ini adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, generasi muda perlu memilih program studi yang tepat yang dibutuhkan oleh industri saat ini.


Untuk itu, berikut empat departemen baru yang dibuka BINUS Online dengan prospek menjanjikan dalam memenuhi kebutuhan industri terkini:

1. Sistem Informasi – Analisis Bisnis

Jurusan ini berfokus pada penggunaan analisis data untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik dan akurat.

Selain itu, penggunaan teknik analisis data dalam bisnis juga dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Ini termasuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi peluang bisnis, dll peramalan.

Mahasiswa departemen ini akan mempelajari berbagai teknik yang berkaitan dengan analisis dan pengolahan data, antara lain:

– Integrasi data dan perselisihan data
– Gudang data
– Intelijen bisnis
– Analisis data
– Analisis data untuk pengembangan bisnis
– Analisis prediktif dan preskriptif
– Sistem pendukung keputusan
– Manajemen data & informasi tingkat lanjut
– Analisis sosial

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai analis sistem, jaminan kualitas, analis data, insinyur data, insinyur pembelajaran mesin, dll.

2. Teknik Informatika – Ilmu Data

Program studi ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan yang mendalam ilmu datamemberi mereka pemahaman yang lebih jelas tentang konsep dan praktik ilmu data di industri.

Siswa juga akan diajak berpikir kritis dan meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan secara bijak.

Pembelajaran yang diperoleh mahasiswa jurusan BINUS Online Data Science antara lain:

– Bercerita dengan data
– Menganalisis data untuk membuat keputusan
– Akuisisi dan pengelolaan data
– Ilmu data dan transformasi digital
– Media sosial dan analisis jaringan
– Ilmu data budaya
– Analisis data spasial
– Data tata kelola, etika dan hukum

Lulusan jurusan ini memiliki prospek yang menjanjikan karena mempunyai peluang bekerja di hampir semua sektor industri. Misalnya insinyur perangkat lunak, ilmuwan data, analis data, insinyur data, pengembang aplikasi, juga bukan pengusaha teknologi.

3. Manajemen Bisnis – Manajemen Bisnis Digital

Pada program studi ini mahasiswa akan mempelajari manajemen bisnis digital secara komprehensif. Pembelajaran yang diperoleh pada departemen ini diperlukan karena merupakan bagian penting dalam proses transformasi bisnis industri saat ini.

Siswa di jurusan ini akan mempelajari banyak hal, antara lain:

– Teknologi keuangan
– Pemikiran desain untuk inovasi produk dengan AI
– Desain analisis bisnis
– Transformasi digital dan strategi bisnis
– Dasar-dasar bisnis digital
– Perilaku konsumen digital
– Media sosial dan pemasaran seluler
– Manajemen sumber daya manusia digital
– Manajemen proyek yang tangkas

Dengan kelengkapan materi tersebut, alumni program studi Manajemen Bisnis Digital akan menjadi penggerak utama dalam manajemen bisnis digital. Karena lulusan jurusan ini mempunyai peluang untuk menjadi seseorang pemimpin operasional, kepala HRM, konsultan manajemen, peneliti, pengusaha, sampai analis bisnis digital.

4. Akuntansi – Keuangan

Terakhir, jurusan Akuntansi – Keuangan membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan. Pengetahuan dan keterampilan ini juga dapat berguna dalam beradaptasi dengan kebutuhan industri terkait alokasi sumber daya, analisis pembiayaan, dan investasi.

Materi perkuliahan pada jurusan Akuntansi – Keuangan antara lain :

– Pasar keuangan dan ekosistem keuangan digital
– Analisis dan evaluasi keuangan
– Analisis kuantitatif keuangan
– Analisis investasi dan manajemen portofolio
– Keuangan internasional
– Keuangan kewirausahaan
– Manajemen risiko
– Analisis dan visualisasi data untuk bisnis

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai analis portofolio, analis kredit, pengontrol keuangan, analis keuangan, analis risiko, Dan manajer kekayaan.

Dengan dibukanya empat jurusan baru, BINUS Online menjadi pilihan tepat bagi generasi muda untuk mendapatkan kesempatan kerja dan berkarir di industri terkini, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Perkuliahan di BINUS Online akan dimulai pada bulan September 2024. Sementara itu, pendaftaran perguruan tinggi kini dibuka melalui https://binus.edu/admissions/.

(ori/ori)