Berita Bawaslu Terima 1.271 Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja mengatakan, pihaknya menerima 1.271 laporan dugaan pelanggaran terkait Pemilu 2024. Bagja mengatakan, laporan tersebut telah diperbarui sejak Senin (26/2).

“Kami menerima 1.271 laporan,” kata Bagja di kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (27/2).


Bagja mengatakan Bawaslu juga menerima 650 temuan. Ratusan temuan tersebut mulai dari dugaan pelanggaran administrasi, kode etik, dan pelanggaran hukum lainnya.

Dari jumlah itu, baru 480 laporan yang terdaftar. Sedangkan 479 diantaranya masuk kategori pelanggaran dan 324 sisanya bukan pelanggaran.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Bagja mengungkapkan, dari seluruh jenis pelanggaran, yang terbesar adalah pelanggaran undang-undang lainnya dengan total 125 laporan.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu RI Herywn JH Malonda merinci pelanggaran hukum lainnya, yakni tren pelanggaran terkait netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan bupati.

Herwyn menyatakan Bawaslu telah menyerahkan kasus tersebut kepada pihak yang berwenang untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, Direktur Tindak Pidana Umum Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo mengatakan, jumlah perkara tindak pidana pemilu yang ditingkatkan ke tingkat II atau dilimpahkan ke kejaksaan pada tahun 2024 mengalami penurunan dibandingkan pemilu tahun 2019.

Pada tahun 2019, kata Djuhandhani Rahardjo, terdapat 314 perkara pemilu yang mencapai tingkat II. Sementara itu, hingga kini 16 kasus pada Pemilu 2024 masih diselidiki polisi.

Fia menyebutkan, 12 perkara telah dihentikan dan 37 perkara telah mencapai tingkat II dan telah mencapai putusan serta mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Saat ini jumlah perkara yang ditangani Bawaslu atau kepolisian, termasuk penyidikan, mengalami penurunan yang cukup drastis,” ujarnya.

(Yala/Chris)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);