Berita Bawaslu Telusuri Video Dugaan Anak-anak Coblos Surat Suara di Sampang

by


Jakarta, Pahami.id

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tengah menyelidiki video yang memperlihatkan sejumlah anak memilih di beberapa surat suara Pemilu 2024. Peristiwa tersebut diduga terjadi di Sampang, Madura, Jawa Timur.

Dalam video yang beredar, tujuh hingga delapan orang yang diduga anak-anak atau remaja terlihat melakukan dugaan penipuan berupa pencoblosan di surat suara Pilpres 2024 pada foto pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Raka.

Terlihat beberapa orang membuka kertas suara yang terlipat dan menyerahkannya kepada tukang pilih paku atau pemilih. Beberapa orang lagi bertanggung jawab melipat kembali surat suara.


Di bagian bawah video tertulis lokasi video direkam di Desa Pandan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Saat dikonfirmasi, Ketua Bawaslu Jatim, A Warits mengatakan, video tersebut diduga direkam di Sampang. Hal ini terlihat dari logat dan bahasa yang diucapkan anak-anak dalam video tersebut.

“Saya tetap meminta kepada teman-teman Bawaslu saya untuk melakukan hal tersebut [Sampang], dikira di Sampang, karena lokasinya kurang jelas, memang bahasa Madura. Namun perlu didalami apakah benar demikian, kata Warits, saat dikonfirmasi Kamis (15/2) dini hari.

Ia pun telah menginstruksikan aparat Bawaslu Kabupaten Sampang untuk mencari video tersebut. Namun, dia tidak menutup kemungkinan aksi anak tersebut bisa terjadi di wilayah lain di Jatim.

Jadi untuk saat ini masih dalam proses penyidikan oleh teman-teman Sampang. Karena diduga logatnya dari Sampang, padahal bisa jadi bukan dari Sampang, tutupnya.

(frd/jal)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);