Berita Bawaslu Sebut KPU Cuma Gelar Pemilihan Ulang di 729 dari 890 TPS

by


Jakarta, Pahami.id

Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024 dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mengikuti rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pasalnya Bawaslu merekomendasikan KPU menggelar PSU di 890 TPS. Namun KPU hanya menyelenggarakannya di 729 TPS atau 82 persen dari total rekomendasi.

“Dan PSU 9 persen belum bisa dilaksanakan di 84 TPS,” kata Anggota Bawaslu RI, KPU Lolly Suhenty, Rabu (28/2).


Lolly mengatakan, PSU tidak bisa dilaksanakan di beberapa TPS menurut kajian KPU karena tidak bisa dilaksanakan sesuai ketentuan (ketidakmungkinan kinerja).

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Selain itu, rekomendasi tersebut dilaksanakan 10 hari setelah pemungutan suara sehingga KPU tidak mempunyai cukup waktu untuk menyiapkan logistik PSU.

Tak hanya itu, KPU juga belum sepenuhnya melaksanakan rekomendasi Bawaslu terkait pemungutan suara lanjutan (PSS) dan perpanjangan (PSL).

Dari 136 rekomendasi PSL, KPU menerapkan PSL di 135 TPS atau 99 persen. KPU tidak melaksanakan PSL di 1 TPS.

Lolly mengatakan, PSL tidak bisa dilaksanakan berdasarkan kajian Bawaslu karena KPU tidak mengizinkan menyelenggarakan PSL sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Bawaslu juga merekomendasikan PSS di 666 TPS. KPU telah menerapkan PSS di 657 TPS atau 99 persen. Namun, pihaknya tidak bisa menerapkan PSS di 9 TPS atau lebih satu persen.

Lolly mengatakan, PSS tidak bisa dilaksanakan di 9 TPS di Kabupaten Waropen, Provinsi Papua karena adanya konflik antar masyarakat yang ingin membagi surat suara antar calon legislatif.

Terkait hal itu, Bawaslu mengambil tindakan tindak lanjut melalui mekanisme penanganan pelanggaran sesuai ketentuan yang berlaku, ujarnya.

(yla/DAL)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);