Berita Bamsoet Dilaporkan ke MKD Buntut Pernyataan Amendemen UUD

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) telah dilaporkan ke Dewan Kehormatan Dewan (MKD) terkait dugaan pernyataannya bahwa seluruh partai politik setuju amendemen UUD 1945.

Laporan tersebut disampaikan mahasiswa Universitas Islam Jakarta (UIJ) Azhari yang mendalilkan Bamsoet tidak dalam kapasitasnya sebagai Ketua MPR untuk mewakili partai politik lain sebagaimana tercantum dalam keterangannya.

“Padahal beliau tidak cakap mengatakan hal itu karena yang saya baca juga di media online tidak ada pertemuan suku yang harus seperti itu,” kata Azhari, Kamis (6/6).


Dalam berkas laporannya, Azhari menyatakan ada dugaan pelanggaran kode etik.

Dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Teradu terkait dengan pernyataan Teradu di media online yang menyatakan ‘seluruh partai politik sepakat untuk melakukan amandemen UUD 1945 dan memastikan siap melaksanakan amandemen tersebut termasuk memberikan aturan peralihan. mengutip keluhan utama yang disampaikan Azhari ke MKD.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Laporan tersebut diterima langsung Wakil Ketua MKD DPR Nazaruddin Dek Gam di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/6) hari ini.

Nazaruddin Dek Gam mengatakan, MKD masih akan mengkonfirmasi terlebih dahulu.

“Iya laporannya pasti akan kami tindak lanjuti, dari Azhari mungkin Senin atau besok laporan ini akan kami proses,” ujarnya.

Bamsoet sebelumnya mengatakan MPR siap melakukan amandemen UUD 1945. Ia mengatakan partai politik pun menyetujui hal tersebut.

“Kami ingin tegaskan bahwa semua partai politik sepakat untuk melakukan amandemen guna menyempurnakan UUD 1945 yang ada, termasuk menata kembali sistem politik dan demokrasi kita,” kata Bamsoet usai menggelar pertemuan dengan mantan Ketua MPR RI periode 1999- 2004 Amien Rais di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/6).

Bamsoet menyatakan akan memberikan usulan kepada MPR pada periode mendatang untuk melakukan amandemen UUD 1945.

(mnf/tidak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);