Berita Baju Hitam Menteri Jokowi dan Ahok di Hari Pencoblosan Pemilu 2024

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah Menteri Indonesia naik ke kabinet Joko Widodo berpakaian padat berwarna hitam ketika menggunakan hak pilihnya Pemilu 2024.

Mereka antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Sri Mulyani diketahui menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS 73 Bintaro, Tangsel, Banten. Ia datang dengan kemeja hitam ditemani suaminya, Tonny Sumartono.


Mari kita kawal bersama demi Indonesia yang bermartabat,” kata Sri Mulyani melalui akun Instagram resmi @smindrawati.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Senada dengan Sri Mulyani, Basuki Hadimuljono yang mencoblos di Perumahan TPS 161 Kemang Pratama, Kelurahan Panjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, juga terlihat mengenakan batik berwarna hitam.

Basuki bahkan mengaku mengenakan pakaian berwarna hitam saat menggunakan hak pilihnya karena mengikuti Sri Mulyani.

Tadi saya telepon, tapi pas (Sri Mulyani) di jalan (setelah isi surat suara), dia di Instagram (pakai baju hitam). ‘Bu, podo (sama),’ kata Basuki di TPS 161 Kemang. Perumahan Pratama, Kota.Bekasi seperti dikutip dari detik.com.

Namun, Basuki mengatakan, tidak ada makna khusus pada gaun hitamnya seperti yang dikenakan Sri Mulyani. Ia mengatakan, gaun hitam dipilih karena ‘bosan’ mengenakan kemeja putih saat bekerja.

“Enggak ada (maksud khusus). Biasanya (pakai) warna putih, sekarang putih lagi. Baju sehari-harinya sudah putih, sekarang ganti saja ke yang lain,” tuturnya.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga mengenakan warna yang sama saat memilih pada pemilu 2024.

Dalam video yang diunggah di Instagram, Rabu (14/2), Retno menggunakan hak pilihnya bersama suaminya, Agus Marsudi. Ia terlihat mengenakan kemeja hitam dan celana hitam, sedangkan suaminya mengenakan kemeja putih.

Tak hanya pakaian, Retno dan suaminya juga mengenakan payung berwarna hitam. Sebab, saat kami ke TPS, cuaca sedang gerimis.

Jadi hari ini saya memilih di Depok, karena rumah kita di Depok, kata Retno dalam video tersebut.

Tak ketinggalan, Risma juga mengenakan pakaian serba hitam saat mencoblos. Risma diketahui menggunakan hak pilihnya di Surabaya.

Selain berpangkat menteri, politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga mengenakan pakaian dengan warna hampir sama.

Ahok diketahui menggunakan hak pilihnya di TPS 112, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Ia datang bersama istrinya Puput Nastiti Devi dan putranya Nicholas Sean. Ahok mengenakan kemeja berwarna hitam senada dengan pakaian istri dan anaknya.

(des/DAL)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);