Berita AS Kirim Amunisi hingga Rudal ke Ukraina untuk Lawan Rusia

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat (AS) mengumumkan putaran baru bantuan militer untuk Ukrainatermasuk peluru, rudal, ranjau, dan peluru artileri pada Jumat (24/5).

Rusia terus melancarkan serangan ke wilayah Kharkiv. Sebaliknya, Ukraina telah berperang di Kharkiv sejak 10 Mei.

“Amerika Serikat hari ini mengumumkan penarikan senjata dan peralatan baru yang penting bagi Ukraina untuk mendukung warga Ukraina yang pemberani membela negaranya,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dikutip dari AFP.


“Paket senilai $275 juta ini, yang merupakan bagian dari upaya kami untuk membantu Ukraina mengusir serangan Rusia di dekat Kharkiv, berisi kemampuan yang sangat dibutuhkan,” tambahnya.

Bulan lalu, anggota parlemen AS menyetujui kesepakatan bantuan militer senilai $61 miliar untuk Kyiv yang telah lama tertunda setelah berbulan-bulan perselisihan di Kongres.

Sejak itu, Presiden Joe Biden telah memerintahkan lima tingkat bantuan militer untuk dikirim ke Ukraina.

“Bantuan dari paket sebelumnya sudah sampai di garis depan, dan bantuan baru ini akan kami pindahkan secepatnya,” kata Blinken.

Sebuah serangan di kota Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menewaskan sedikitnya tujuh orang pada hari Kamis, kata pihak berwenang setempat.

Lebih dari 11.000 orang di wilayah yang lebih luas telah mengungsi sejak Rusia memulai serangan barunya, menurut gubernur setempat Oleg Synegubov.

Amerika Serikat hari ini mengumumkan penarikan besar-besaran senjata dan peralatan baru ke Ukraina untuk mendukung rakyat Ukraina.

(AFP/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);