Berita Megawati Ungkap PPP, Hanura, dan Perindo Tetap Ikut PDIP

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Umum PDIP MegawatiSoekarnoputri mengatakan, ketiga parpol tersebut berkoalisi Pilpres 2024yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo tetap setia pada partainya.

Karena saya juga minta pemilu legislatif, pemilu presiden ini dinyatakan selesai, tapi tentu saya ingin bertanya, bagaimana dengan kalian bertiga? ‘Saya masih ingin bergabung dengan PDI Perjuangan’, kata Megawati menirukan jawaban dari ketiga partai tersebut dalam pidato politiknya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Jakarta, Jumat (24/5).


Megawati mengucapkan terima kasih kepada PPP, Hanura, dan Perindo atas kesetiaannya.

“Saya tentu sangat tersanjung dan terima kasih banyak karena sebenarnya itulah yang disebut adab di negara kita,” ujarnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Megawati awalnya mengatakan PDIP tidak bisa membentuk sistem koalisi karena sistem ketatanegaraan Indonesia adalah sistem presidensial.

Jadi sebenarnya kita tidak ada koalisi, lalu ada oposisi. Jadi, sebenarnya cukup sulit. Karena kalau tidak mengikuti lalu bagaimana ya? Jadi, saya bilang ke DPR. tiga di antaranya, bekerja sama karena itu adalah, “Anda tidak dapat berkoalisi karena sistem kami akan bersifat parlementer,” katanya.

Wakil Ketua Umum DPP PPP Rusli Effendi, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo hadir dalam pembukaan Rakernas ke-5 PDI Perjuangan.

Dalam sambutannya, presiden kelima RI ini juga menyinggung sikap politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, penentuan sikap politik perlu dikaji secara matang.

Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput, mulai dari yang berteriak hingga yang pingsan, dan terus memperjuangkan institusi demokrasi yang sehat, kata Megawati.

Memperhatikan suara akar rumput, kata Megawati, merupakan bagian dari skala prioritas Rakernas kali ini. Selain penguatan sikap politik, Rakernas V PDIP juga membahas pemenangan Pilkada 2024 dan penyusunan program kerakyatan.

Rakernas V PDIP mengangkat tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Akan Menang dengan subtema Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kemenangan Kebenaran.

(antara/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);