Berita AS Harus Musnahkan Iran jika Saya Terbunuh

by


Jakarta, Pahami.id

Kandidat presiden dari Partai Republik, Donald Trumpmendesak Amerika Serikat menghancurkan Iran jika dia dibunuh.

Dalam postingan di Truth Social pada Kamis (25/7), Trump mengatakan Washington harus menghapuskan Teheran “dari muka bumi” jika mereka benar-benar membunuhnya ketika ia menjadi presiden di masa depan.


“Jika dia membunuh Presiden Trump, dan itu selalu mungkin terjadi, saya harap Amerika akan memusnahkan Iran, menghapusnya dari muka bumi,” kata Trump seperti dikutip. AFPKamis (25/7).

“Jika AS tidak melakukan hal itu, para pemimpin Amerika akan dianggap sebagai pengecut yang tidak kenal takut,” lanjutnya.

Trump melontarkan pernyataan tersebut bersamaan dengan video pendek Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengungkap dugaan rencana Iran terhadap Trump dalam pidatonya di depan Kongres AS. Netanyahu menyampaikan pidato pada Rabu (24/7) malam.

Sebelumnya, beberapa media AS juga melaporkan pekan lalu bahwa Dinas Rahasia telah meningkatkan keamanan Trump setelah pihak berwenang mengetahui rencana Iran untuk membunuh mantan presiden tersebut.

Meski begitu, Iran disebut tidak terlibat dalam insiden penembakan Trump di Pennsylvania pada 13 Juli. Peristiwa tersebut dilakukan oleh remaja berusia 20 tahun, Thomas Matthew Crooks, yang masih belum diketahui motifnya.

Hubungan antara AS dan Iran telah lama tegang dan mencapai titik puncaknya ketika Teheran membalas pembunuhan komandan Garda Revolusi Qasem Soleimani pada tahun 2020 atas perintah Trump.

Dewan Keamanan Nasional AS mengatakan pihaknya telah melacak ancaman Iran terhadap Trump “selama bertahun-tahun.”

(blq/rds)