Berita Apa Arti Simbol Mata Satu di 1 Dolar AS yang Sering Dicap ‘Sesat’?

by


Jakarta, Pahami.id

Simbol satu mata dan segitiga sering dikaitkan dengan teori konspirasi, terutama dengan organisasi Freemason Dan Iluminatisebuah organisasi yang dianggap bertanggung jawab atas kekacauan dunia.

Tak jarang simbol ini dianggap mengarah pada kesesatan dan hal-hal negatif. Simbol satu titik dan segitiga ini pun sempat membuat heboh karena termasuk dalam lambang Amerika Serikat yang disebut Great Sealed atau Segel Besar bahkan pada uang dolar AS.


Jika diperhatikan lebih detail, lambang satu titik terdapat pada segitiga yang terletak di puncak limas tidak sempurna. Lambang tersebut juga disertai dengan tulisan ‘Anuitas Ceptis’ Dan ‘Novus Ordo Seclorum’.

Ada pula angka Romawi MDCCLXXVI yang melambangkan tahun kemerdekaan AS pada tahun 1976.

Warga AS menyebut simbol itu sebagai Tersegel Hebat atau Great Seal yang menjadi lambang negara Paman Sam.

Simbol titik dan segitiga disebut Poin Keberuntungan adalah tampilan belakang dari Great Seal.

Sedangkan bagian depan lambang bergambar burung elang dengan kaki mengapit anak panah dan ranting zaitun, kumpulan 30 bintang, dan sebuah prasasti. ‘E Pluribus Unum’.

Namun apa sebenarnya nama dan arti dari simbol tersebut? Poin Keberuntungan ke?

Menurut beberapa sumber, simbol tersebut Poin Keberuntungan adalah simbol agama Kristen. Simbol ini pertama kali muncul dan sering digunakan dalam seni keagamaan Kristen pada masa Renaisans untuk menggambarkan Tuhan.

Meski begitu, hingga saat ini belum jelas siapa yang pertama kali membuat dan menggambar simbol tersebut. Namun, hal itu telah dilaporkan BBCsiapapun yang menciptakan simbol ini awalnya diyakini memiliki motif keagamaan.

Segitiga adalah simbol lama Tritunggal Kristen yang melambangkan Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Saat itu, Tuhan juga sering digambarkan dengan cahaya berbentuk segitiga.

Poin Keberuntungan juga digunakan di Mesir Kuno untuk melambangkan Dewa Horus. Simbol Mata Horus menjadi jimat bernama Wadjet yang dipercaya dapat menangkal mata jahat.

mengikuti Departemen Luar Negeri AS, Piramida melambangkan kekuatan dan daya tahan. Sementara itu Anuitas Coeptis artinya (Dia) Yang Mengizinkan Usaha Kita. Dalam hal ini, salah satu matanya dianggap sebagai “Maha” dan melambangkan Tuhan.

Sementara itu, motto Novus Ordo Seclorum artinya Orde Zaman Baru yang berarti zaman baru setelah kemerdekaan pada tahun 1776.

(rds)