Berita 7 Negara dengan Bendera Warna Merah dan Putih

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Sejumlah negara memiliki bendera dengan unsur merah putih, antara lain: Indonesia.

Bendera merupakan atribut penting bagi suatu negara karena merupakan simbol kedaulatan dan kemerdekaan serta menciptakan jati diri bangsa.

Warna bendera juga mempunyai arti tertentu berdasarkan filosofi dan sejarah masing-masing negara.


Berikut daftar negara yang berbendera merah putih.

1.Indonesia

Bendera Indonesia berwarna merah putih. Bendera ini pertama kali dijahit oleh Fatmawati, istri presiden pertama RI, Soekarno.

Bentuk bendera Indonesia adalah persegi panjang dengan lebar sekitar dua pertiga dari panjangnya. Bendera ini seperti dua helai kain yang disatukan. Merah untuk bagian atas, dan putih untuk bagian bawah.

Warna ini juga mempunyai arti bagi Indonesia. Merah melambangkan keberanian, dan putih melambangkan kesucian. Warna ini juga konon sudah menjadi andalan sejak zaman kerajaan.

2. Monako

Monaco juga memiliki bendera dengan unsur warna dan bentuk yang mirip dengan Indonesia.

Bagian atas bendera Monaco berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih. Warna merah melambangkan bagian tubuh dan warna putih melambangkan kesucian jiwa, dikutip Bendera.

Monaco secara resmi mengadopsi bendera tersebut pada tanggal 4 April 1881.

3. Polandia

Polandia juga memiliki warna bendera dengan unsur merah dan putih.

Bendera negara Eropa ini terdiri dari dua garis horizontal dengan warna putih di bagian atas dan merah di bagian bawah, berlawanan dengan bendera Indonesia.

Warna putih melambangkan elang putih yang menjadi simbol Polandia sejak abad ke-13 dan dipadukan dengan latar belakang merah, demikian dikutip situs resminya. Uni Eropa.

Polandia menetapkan warna putih dan merah sebagai simbol nasionalnya pada tahun 1919, setahun setelah mereka memproklamirkan kemerdekaan.

4.Austria

Sejak abad ke-13, bendera Austria terdiri dari perisai merah dengan garis-garis putih horizontal.

Saat ini bendera Austria terdiri dari tiga warna yaitu merah, putih dan merah.

Austria mengadopsi bendera nasional pada tahun 1918 dan sebagai simbol sipil pada tahun 1921. Kemudian pada bulan Mei 1945, Austria memperkenalkan kembali bendera mereka setelah pendudukan Jerman berakhir.

5. Singapura

Bendera Singapura juga mengandung warna merah dan putih.

Merah di atas dan putih di bawah. Di sisi merah juga terlihat bulan sabit dan bintang bulat berwarna putih.

Menurut situs resmi Singapura, warna merah melambangkan persaudaraan universal dan kesetaraan manusia. Sedangkan Warna Putih melambangkan kesucian dan kebajikan yang utuh dan abadi.

Bulan sabit melambangkan negara muda yang sedang bangkit, dan bintang lima melambangkan cita-cita Singapura mengenai demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan dan kesetaraan.

6. Jepang

Bendera Jepang juga memiliki unsur merah dan putih. Bendera negara ini memiliki latar belakang putih dan lingkaran di tengahnya diisi dengan warna merah.

Lingkaran merah melambangkan matahari. Dalam bahasa Jepang, bendera ini dikenal dengan nama hinomaru yang berarti “lingkaran matahari”, menurut situs resmi Jepang.

Karena Jepang terletak di ujung barat Samudera Pasifik, matahari terbit dengan anggun di atas laut timur. Kemewahan inilah yang juga menjadi inspirasi desain benderanya.

7. Kanada

Di belahan dunia lain, Kanada, memiliki bendera dengan elemen merah putih dan daun maple.

Menurut situs resmi pemerintah Kanada, bendera ini melambangkan kebanggaan dan kekuatan sepanjang sejarah negaranya.

Bendera Nasional Kanada disetujui oleh Parlemen pada tahun 1964. Kemudian pada bulan Januari 1965, Ratu Elizabeth II mengukuhkan bendera tersebut.

Bendera Kanada pertama kali dikibarkan pada tanggal 15 Februari 1965, yang juga merupakan Hari Bendera Nasional Kanada.

Selain itu, negara lain juga menggunakan unsur merah putih atau memadukannya dengan warna atau simbol lain sebagai bendera nasionalnya.

Negara-negara tersebut antara lain Bahrain, Peru, Swiss, Denmark, Lebanon, Tunisia, dan Turki.

(isa/bac)