Berita 54 TPS Berpotensi Lakukan Pemungutan Suara Ulang

by


Makassar, Pahami.id

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel tercatat total ada 54 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 19 kabupaten/kota berpotensi menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024.

“Dikonfirmasi dari kabupaten, terdapat 54 TPS PSU potensial di 19 kabupaten kota di Sulsel,” kata Komisioner Bawaslu Sulsel, Syaiful Jihad, Minggu (18/2).

Sebaran puluhan TPS tersebut berada di Kabupaten Toraja Utara 4 TPS, Parepare 1 TPS, Takalar 7 TPS, Sidrap 1 TPS, Kepulauan Selayar 3 TPS Tana Toraja 5 TPS.


Kemudian Enrekang 1 TPS, Pinrang 1 TPS, Barru 1 TPS, Soppeng 2 TPS, Palopo 4 TPS, Bone 2 TPS, Wajo 6 TPS, Jeneponto, 2 TPS, Pangkep 4 TPS, Maros 2 TPS, Sinjai 5 TPS, Gowa 2 TPS dan Makassar 2 TPS.

Usulan yang keluar adalah (PSU) Wajo, Selayar, Parepare, Sidrap, Pinrang, Barru, Palopo, Takalar, dari 7 potensi TPS ada 4 TPS. Sidrap sudah melaksanakannya, katanya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Selain Sidrap, kata Syaiful, pelaksanaan PSU juga akan digelar KPU Selayar pada pekan depan.

“Di Selayar rencananya KPU akan menggelar (PSU) pada 21 Februari. Sementara yang lain belum bisa dipastikan kapan akan dilaksanakan,” ujarnya.

Syaiful menjelaskan, penyebab PSU terjadi karena pemilih tidak memiliki KTP elektronik dan tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Lalu ada pemilih tambahan (DPTB) yang tidak didata, dan pemilih khusus (DPK) tidak didata. Lalu ada DPTB yang seharusnya diberikan dua jenis surat suara, malah diberi 5 surat suara. lebih dari satu kali,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syaiful mengatakan, rekomendasi PSU di 19 kabupaten/kota tersebut adalah untuk menghindari kecurigaan.

Hal ini dilakukan Bawaslu untuk menjaga kemurnian suara di kotak suara agar tidak ada lagi dugaan penipuan. Karena kami sangat menjaga suara di kotak suara, ujarnya.

(mir/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);