Berita 4 Jurus Upin & Ipin Bikin Warga RI dan Malaysia Merasa Makin Dekat

by
Jakarta, Pahami.id

Serial animasi Upin Ipin asal Malaysia telah menjadi salah satu tayangan favorit Indonesia.

Kartun yang menceritakan tentang dua anak kembar dan kesehariannya ini menjadi pertunjukan cahaya dan menjadi favorit tidak hanya di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa di Indonesia.


Bahkan tak sedikit pengamat yang menilai serial animasi ini secara tidak langsung menggambarkan kedekatan masyarakat Malaysia dan Indonesia sehingga menjadi simbol persahabatan kedua negara.

Pasalnya di serial Upin dan Ipin terdapat salah satu karakter yang merupakan anak asal Indonesia. Tak hanya itu, kartun tersebut juga beberapa kali menampilkan hal-hal khas Indonesia yang turut menarik minat masyarakat Malaysia.

Berikut empat gerakan Upin & Ipin yang memuat hal-hal khas Indonesia sebagai gambaran singkat tentang “kedekatan” hubungan kedua negara. CNNIndonesia.com:

Ciptakan karakter Susanti

Dosen Seni Budaya dan Koordinator Penulisan College of Creative Arts Studies, Universiti Teknologi Mara Selangor, Malaysia, Nor’Anira Harist mengatakan, karakter Susanti sebagai salah satu teman sekolahnya dan berperan sebagai Upin dan Ipin merupakan contoh persahabatan antar anak. dua negara.

Susanti digambarkan sebagai gadis asal Indonesia yang tinggal dan belajar di Malaysia karena pekerjaan ayahnya yang mengharuskannya pindah ke negara tetangga.

Susanti juga digambarkan sebagai salah satu teman dekat Upin dan Ipin. Dalam serial tersebut, Susanti berbicara bahasa Indonesia, berbeda dengan karakter lain yang menggunakan bahasa Melayu.

Menurut Anira, tokoh Susanti dalam kartun tersebut merupakan simbol persahabatan kedua negara.

(Tangkapan Layar dari Facebook Upin & Ipin)
Tokoh Susanti dalam serial kartun Upin & Ipin

“Beliau memupuk multikulturalisme, pemahaman lintas budaya, dan narasi positif hubungan bilateral, yang membantu menciptakan identitas regional yang lebih inklusif dan harmonis,” kata Anira. CNNIndonesia.comSelasa (2/7).

Narasi senada juga diungkapkan Managing Director Les’ Copaque Production selaku perusahaan yang memproduksi animasi tersebut, Burhanuddin Radzi saat ditemui. CNNIndonesia.com di dalam kantornya.

Radzi mengatakan, karakter Susanti sengaja diciptakan untuk mengapresiasi penonton Indonesia.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah menjadi penggemar terbesarnya,” kata Radzi pada Juni 2022.

Ia lalu berkata, “Kami akan mengikutsertakan orang Indonesia melalui Susanti.”

Radzi juga mengungkapkan, karakter Susanti diciptakan secara serius sebagai simbol persahabatan Indonesia dan Malaysia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lebih dari separuh keuntungan franchise Upin & Ipin berasal dari tayangan Indonesia. Serial ini telah ditayangkan di stasiun televisi swasta selama bertahun-tahun.

Lanjutkan ke halaman berikutnya >>>