Berita 3 Partai Pengusung Anies Dukung Hak Angket Pemilu Curang Usulan Ganjar

by


Jakarta, Pahami.id

Tiga partai pendukung Anies Baswedan-Muhaimun Iskandar (AMIN), NasDem, PKB, dan PKS siap dukung hak pengusutan DPR terkait pengusutan penipuan. Pemilu 2024 yang didesak calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim usai pertemuannya dengan Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsy dan Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. Rapat digelar kurang lebih satu jam di Menara NasDem, Kamis (22/2) sore.

“Semangat kami seperti semangat yang diungkapkan Pak Anies, kami siap bersama penggagas PDIP meluncurkan kuesioner tersebut,” kata Hermawi dalam konferensi pers usai pertemuan.


Hermawi mengatakan NasDem dan kedua partai koalisi AMIN sudah siap bahkan sudah mengantongi data yang akan menjadi bukti adanya dugaan kecurangan pada Pemilu dan Pilpres 2024.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Hermawi mengatakan pihaknya menginginkan kebenaran pada Pemilu dan Pilpres 2024. Ia menegaskan siap bersekutu dengan siapa pun untuk menegakkan persoalan tersebut.

“Mengapa kami mendukung hak penyidikan? Kami menginginkan kebenaran. Kami bersekutu dengan siapapun di Republik ini yang mempunyai niat baik untuk menegakkan kebenaran dan keadilan bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Ganjar sebelumnya menyarankan agar dua partai pengusungnya di DPR menggunakan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan pemilu. Ia pun mengajak pihak pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk menegaskan hal serupa.

Namun, hak penyidikan baru bisa diusulkan secara resmi pada awal Maret setelah DPR bubar. Jika pihak pendukung Ganjar dan AMIN digabung, maka hak penyidikan memenuhi syarat untuk dilanjutkan. Total perolehan kursi kelima partai tersebut melebihi 50 persen kursi DPR.

(thr/DAL)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);