Berita 17 Pemimpin Negara Beri Selamat ke Prabowo

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah pemimpin negara mengucapkan selamat kepada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, atas keunggulannya dalam perolehan suara sementara di Pilpres 2024.

Hingga Rabu (21/2), Prabowo telah mendapat ucapan selamat dari sedikitnya 17 tokoh nasional.


Mereka antara lain Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, Wakil PM Australia Richard Marles, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Kemudian Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, PM Albania Edi Rama, Presiden Timor Leste José Ramos-Horta, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra.

Berikutnya adalah mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan, dan Presiden Nikaragua Daniel Ortega.

Para pemimpin mengucapkan selamat kepada Prabowo melalui telepon.

Menhan RI juga menerima ucapan selamat dari beberapa pemimpin nasional melalui surat dan media sosial.

PM Narendra Modi menjadi salah satu tokoh yang mengucapkan selamat kepada Prabowo di media sosial X-nya.

Selamat kepada masyarakat Indonesia atas suksesnya pemilu presiden dan @prabowo memimpin, tulis Modi di akun media sosial X, Minggu (18/2).

Sementara itu, PM Inggris, Rishi Sunak, mengucapkan selamat kepada Prabowo atas perolehan suaranya di Pilpres Indonesia melalui surat.

Dalam surat tersebut, ia juga menceritakan untuk memperingati 75 tahun diplomasi Indonesia-Inggris. Sunak juga menyampaikan akan meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Inggris, salah satunya di bidang manajemen krisis iklim.

Presiden Rusia Vladimir Putin melalui situs resmi Kremlin pun mengucapkan selamat kepada Prabowo.

“Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang tulus atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden,” demikian pesan Putin yang dikutip media pemerintah Rusia. TASSJumat (16/2).

Presiden Filipina Ferdinand “Bongbong” Marcos juga menjadi salah satu pemimpin negara yang mengucapkan selamat kepada Prabowo atas suaranya pada Pilpres Indonesia 2024.

Melalui X, Bongbong menyampaikan salam hangat kepada Prabowo dan mengharapkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina di masa depan.

Selamat kepada Menteri Pertahanan @prabowo yang memimpin penghitungan suara akhir Presiden Indonesia berikutnya, tulis Bongbong di akun X (sebelumnya Twitter).

Beberapa pernyataan lain juga disampaikan Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui Duta Besar Tiongkok untuk Republik Indonesia Lu Kang, PM Belanda Mark Rutte, dan PM Republik Ceko Petr Fiala.

Suara Prabowo Subianto semakin tak terbendung pada hasil penghitungan sementara penghitungan suara aktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan hitung cepat berbagai lembaga pemungutan suara pada Pilpres 2024.

Prabowo dan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, mengungguli dua pasangan lainnya dengan selisih perolehan suara yang cukup lebar.

Hasil sementara perolehan suara Prabowo di KPU pada Rabu (21/2) hingga pukul 12.05 WIB mencapai 73,58 persen. Dari data tersebut, Prabowo-Gibran mendominasi penghitungan suara. Prabowo memperoleh 59.205.078 suara atau sekitar 58,76%.

Sementara hasil kalkulasi cepat beberapa lembaga seperti Litbang Kompas menyebutkan, Prabowo-Gibran memimpin dengan selisih 58,47 persen. Poltracking Indonesia juga mencatat perolehan suara Prabowo-Gibran yang memimpin di posisi teratas sebesar 58,51 persen.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di peringkat kedua, disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD di peringkat ketiga.

Akibat hasil tersebut, pemilihan presiden diperkirakan hanya akan berlangsung satu putaran.

(isa/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);