Pentingnya Edge AI untuk IoT Generasi Mendatang – Tekno

by

Pahami.id – Richard Lu, Wakil Presiden Unit Bisnis IoT MediaTek menjelaskan pentingnya Edge AI untuk generasi IoT berikutnya. Namun apa itu Edge AI dan apa manfaatnya bagi IoT generasi berikutnya?

AI dapat menjadikan IoT (Internet of Things) lebih responsif dan cerdas selama perangkat tersebut dapat memenuhi kebutuhan pemrosesan data aplikasi IoT generasi mendatang, seperti mengubah cara manusia dan mesin berinteraksi di rumah dan di industri.

Untuk perangkat IoT yang memerlukan pemrosesan data berukuran besar, aman, hampir real-time, tanpa bergantung pada cloud, Edge AI menghadirkan kemampuan pemrosesan data cerdas ke lapisan di luar jaringan inti (edge ​​network) yang terhubung langsung ke perangkat pengguna.


Pemrosesan Data di Tepi Jaringan

Manfaat Edge AI untuk IoT

Dengan konektivitas yang lebih dekat dengan sumbernya, data tidak perlu dipindahkan ke cloud, begitu pula sebaliknya. Efeknya adalah peningkatan kecepatan pemrosesan, pengurangan latensi,

menurunkan biaya bandwidth, dan mempertahankan kontrol yang lebih ketat atas keamanan data. Situasi ini penting dalam situasi di mana banyak perangkat IoT bekerja sama untuk memproses data dalam jumlah besar, seperti kamera pengintai, atau ketika privasi dan keamanan data penting, seperti robot atau robot kolaboratif (cobot) di rumah sakit yang mengirimkan data pasien.

Nah, ada empat manfaat Edge AI untuk IoT, antara lain:

  • Kecepatan pemrosesan lebih cepat
  • Penggunaan bandwidth lebih rendah
  • Latensi berkurang
  • Keamanan & privasi data yang ditingkatkan

Mengapa Mengintegrasikan Edge AI?

Mengintegrasikan Edge AI ke dalam desain perangkat IoT menciptakan kemungkinan baru untuk aplikasi yang memerlukan IO (input/output) yang berat dan pemrosesan yang kuat dari AI yang tertanam, seperti robot seluler, sistem suara dan penglihatan, perangkat genggam, PC industri, dll. yang lain.

Integrasi AI tepi. (MediaTek)

Masa Depan Di Akhir

Edge AI mendukung masyarakat cerdas di masa depan, tempat manusia dan robot berinteraksi lebih dekat dibandingkan sebelumnya. Misalnya, kendaraan otonom mengandalkan sistem penglihatan untuk memantau jalan dan mengambil keputusan dalam hitungan detik: ke mana harus mengemudi; Dalam hal ini, apa yang terjadi jika latensi terjadi saat anak berkeliaran di jalan?

Sistem suara dan penglihatan memainkan peran penting di sini karena cobot mendukung aktivitas kita sehari-hari, melengkapi mata dan telinga kita dengan pengenalan wajah serta pengenalan dan terjemahan audio. Penggunaan sehari-hari seperti ini memerlukan konektivitas pada jaringan edge untuk mencapai tujuan desain yang diinginkan.

Cara Menerapkan Edge AI dalam Desain Produk IoT Anda

Perangkat IoT baru dapat mengintegrasikan Edge AI dalam tahap desain produk menggunakan chipset berkemampuan Edge-AI, atau beroperasi dengan hub pintar untuk menghubungkan dan memproses data dari beberapa sensor yang mungkin tidak memiliki AI bawaan, menambahkan lapisan cerdas di antara perangkat IoT dasar. dan awan.

Kekuatan Genio MediaTek

Produsen perangkat konsumen, perusahaan, dan industri dapat berinovasi dengan percaya diri dan menghadirkan perangkat IoT terkemuka ke pasar lebih cepat dengan MediaTek Genio. MediaTek Genio menggabungkan Edge AI yang cerdas untuk memproses data secara lokal. CPU, GPU, dan AI Processing Unit (APU) di setiap chipset Genio bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan otonom cerdas di edge dan mendukung tampilan berkualitas tinggi, kamera, dan banyak lagi.