Hardisk Eksternal Ideal untuk Penyimpanan Data Besar – Tekno

by

Pahami.id – Mencari hard drive eksternal yang portabel namun berkapasitas besar? Western Digital adalah merek yang perlu dipertimbangkan. Apalagi dengan WD My Passport 6TB.

Ya, WD My Passport memiliki pilihan kapasitas hingga 6TB. Kapasitas yang cukup besar untuk sebuah harddisk eksternal dengan desain portable berukuran 2,5 inci.

Seperti apa tampilan hard drive eksternal dari Western Digital ini? Simak review WD My Passport 6TB dari Pahami.id yang mengujinya dalam beberapa situasi.


Kapasitas masih menjadi faktor penting untuk hard drive portabel. Selain itu, pada HDD berukuran 2,5 inci, kapasitasnya masih terbatas.

Namun kini Western Digital bisa melampaui batas kapasitas penyimpanan HDD 2,5 inci. Tak hanya 4TB atau 5TB, WD My Passport kini hadir dalam kapasitas 6TB.

Dengan ukurannya yang ringkas, WD My Passport 6TB menjadi pilihan resmi HDD portabel berkapasitas super besar di pasaran.

Ulasan WD My Passport 6TB. [HiTekno.com]

Namun bukan hanya kapasitas dan portabilitas yang ditawarkan oleh hard drive eksternal ini. WD My Passport juga hadir dengan beberapa fitur dan software pendukung.

HDD portabel ini mendukung USB 3.2 Gen1 dengan tipe port USB-A yang memiliki kecepatan relatif tinggi. Koneksi ini bahkan mendukung hingga 5Gbps.

Meski demikian, kecepatan tulis dan baca WD My Passport 6TB masih sama cepatnya dengan HDD pada umumnya. Masih tertinggal jauh dari kecepatan SSD.

Hasil pengujian HiTekno.com pada review WD My Passport 6TB ini menemukan kecepatan baca sebesar 126,50 MB/s. Sedangkan tulis adalah 114,60 MB/s.

Ulasan WD My Passport 6 TB - Tes kecepatan baca dan tulis. [HiTekno.com]
Ulasan WD My Passport 6TB – Tes kecepatan baca dan tulis. [HiTekno.com]

Kami juga menguji dengan menyalin file besar ke WD My Passport 6TB yang juga mencapai kecepatan rata-rata di atas 110 MB/s.

Kecepatannya masih tertinggal dari SSD yang bisa mencapai lebih dari 300 MB/s baik untuk menulis maupun membaca. Namun dinilai sangat baik dibandingkan HHD 2,5 inci yang berada di kisaran 100 MB/s tulis dan baca.

Dengan kecepatan yang ditawarkan WD My Passport 6TB cukup mumpuni sebagai penyimpanan portabel. Memuat pengambilan dan penyimpanan file tidak memakan waktu lama.

Ulasan WD My Passport 6 TB - Tes kecepatan baca dan tulis. [HiTekno.com]
Ulasan WD My Passport 6TB – Tes kecepatan baca dan tulis. [HiTekno.com]

Western Digital juga membekali HDD eksternal ini dengan berbagai software pendukungnya. Secara default, ia hadir dengan file penginstal aplikasi WD Discovery untuk Mac dan Windows.

Aplikasi WD Discovery ini membantu Anda mengelola hard drive eksternal ini. Hubungkan juga ke layanan cloud dan tambahkan kata sandi.

Melalui aplikasi ini Anda juga bisa mendownload tiga aplikasi tambahan untuk mengelola WD My Passport 6TB yaitu Backup – Acronis, WD Drive Utilities dan WD Security.

Bagi Anda yang membutuhkan perlindungan data tinggi, aplikasi WD Security merupakan software pendukung yang wajib dimiliki. Ini tidak hanya melindungi dengan kata sandi, tetapi juga enkripsi data.

Western Digital menyediakan enkripsi AES 256-bit untuk melindungi data Anda.

WD Drive Utilities adalah fitur untuk mengelola dan memelihara. Seperti pengecekan status, quick drive test, setting sleep timer dan format drive.

WD Backup merupakan software pendukung yang memudahkan dalam melakukan backup data. Baik ke drive maupun ke cloud untuk file tertentu.

Spesifikasi

Antarmuka: USB 3.2 Gen1
HHD 2,5 inci dengan kapasitas 6TB
Kecepatan: baca 126,50 MB/dtk, tulis 114,60 MB/dtk
Dimensi: 4,33″ x 3,21″ x 0,87″ (10,9 x 8,1 x 2,2 cm)
Berat: 235,8 gram
Sistem operasi yang didukung: Windows 10, ChromeOS dan Mac

Paket Penjualan

  • HDD
  • Kabel USB-A Kecepatan Super
  • Panduan Instalasi Cepat
  • Manajemen perangkat lunak
Ulasan WD My Passport 6 TB. [HiTekno.com]
Ulasan WD My Passport 6TB. [HiTekno.com]

harga

WD My Passport 6TB dibanderol dengan harga Rp 2.890.000 dan akan tersedia di WD Official Store di Tokopedia, Shopee, dan Lazada mulai Juni 2024.

Berlebihan

  • Ukuran yang mudah dibawa
  • Kapasitas besar hingga 6TB
  • Mendukung USB 3.2 Gen 1
  • Banyak dukungan perangkat lunak

kekurangan

  • Belum ada SSD
  • Tidak dilengkapi dengan kabel USB tipe-C

Kesimpulan

WD My Passport 6TB merupakan harddisk portabel dengan kapasitas besar. Tidak hanya untuk backup data, tetapi juga untuk penyimpanan file portabel.

Dengan harga yang ditawarkan, WD My Passport 6TB adalah hard drive portabel yang layak untuk dilirik. Harga terjangkau, kapasitas besar, fitur lengkap.

Itulah review WD My Passport 6TB dari HiTekno.com, harddisk eksternal berkapasitas besar namun portabel.