Cara Melacak dan Mengunci HP POCO yang Hilang – Tekno

by

Pahami.id – Jangan buru-buru panik jika ponsel POCO Anda hilang, ada cara untuk melacaknya hingga Anda menemukannya. Ada juga cara mengunci ponsel POCO yang hilang.

POCO Indonesia memastikan perangkat smartphone yang dihadirkannya memiliki fitur keamanan yang memadai. Seperti POCO X5 5G yang ditenagai Snapdragon 695 5G.

Andi Renreng, Associate Marketing Director POCO Indonesia, mengatakan, “Tak hanya unggul dari segi performa dan harga ekstrem, POCO HP juga dibekali fitur keamanan prima. Salah satunya adalah jika Hp POCO kita hilang entah karena dicuri atau karena lupa ditaruh dimana, maka bisa langsung dilacak dan dikunci agar tidak disalahgunakan oleh orang lain..”


Melacak ponsel POCO yang hilang

Ini adalah bagaimana hal itu dilakukan. Sebenarnya tidak sulit. Tapi, pastikan Anda memiliki akun Xiaomi dan terhubung dengan Mi Cloud di POCO mobile.

  1. Kunjungi website Mi Cloud di i.mi.com menggunakan perangkat seperti laptop atau PC.
  2. Di pojok kanan atas terdapat opsi untuk mengubah bahasa, misalnya ke bahasa Indonesia.
  3. Pilih “Masuk dengan Akun Mi” lalu masuk (Anda dapat menggunakan email, nomor ponsel, atau ID Mi yang terdaftar pada akun Mi di ponsel yang hilang). Ini adalah akun layanan Xiaomi Cloud untuk membantu menemukan, mengunci, menyembunyikan atau menghapus ponsel kita.
  4. Klik “Temukan perangkat” untuk mulai mencari lokasi ponsel saat ini.
  5. Jika Anda belum pernah mengunjungi fitur ini, Anda akan diminta untuk memilih jenis ponsel yang Anda gunakan.
  6. Jika titik lokasi yang muncul berwarna biru berarti ponsel aktif. Namun jika berwarna abu-abu dan bertuliskan terakhir online, berarti ponsel tersebut tidak aktif sehingga lokasi tersebut merupakan lokasi terakhir saat ponsel aktif.
  7. Setelah lokasi ditemukan, perbesar peta yang muncul untuk memastikan keakuratan posisi ponsel.
  8. Saat kita sudah berada di lokasi ponsel yang hilang, kita bisa membunyikan ponsel tersebut dengan menekan opsi “Bip” yang ada di kiri bawah menu ponsel yang ditemukan. Suara akan tetap aktif meskipun ponsel dalam keadaan senyap.

Perlu diingat bahwa pelacakan dapat dilakukan jika fitur “Temukan perangkat” pada ponsel diaktifkan dan lokasi akan terbaca jika ponsel terhubung dengan jaringan internet. Jadi, disarankan untuk mengaktifkan fitur ini dan mencoba melacak ponsel sebelum ponsel hilang.

Apabila ponsel Anda hilang, disarankan untuk segera melaporkannya ke polisi dan juga melaporkan hilangnya akun utama Anda. Kemudian segera ganti password untuk melindungi keamanan akun.

Kunci (blokir) ponsel dan hapus datanya

Selain opsi “Suara”, terdapat “Mode Hilang” dan “Hapus Data” di menu ponsel yang ditemukan, untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang lain.

Untuk mengunci ponsel Anda, Anda dapat menggunakan opsi “Mode Hilang”. Begini caranya:

  1. Pilih “Mode Hilang”
  2. Tekan “Beralih ke Mode Hilang”
  3. Masukkan pesan yang hilang di menu “Masukkan pesan layar kunci” dan masukkan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  4. Pilih “Kunci”
  5. Pilih “Selesai”

“Mode Hilang” akan mengunci ponsel, sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya hingga berhasil login menggunakan akun Mi Cloud yang terdaftar.

Selanjutnya jika ingin menghapus data, pilih “Hapus data”. Fitur ini akan menghapus seluruh file dan data di ponsel POCO yang hilang, untuk melindungi dari tindakan jahat pada data yang disimpan.

Informasi tambahan: izin pada fitur “Temukan perangkat”.

Kita dapat melacak dan mengunci ponsel POCO yang hilang berkat fitur “Temukan perangkat”. Untuk melakukan tugasnya, fitur ini memerlukan izin berikut:

  • Akses informasi perangkat
    Akses nomor ponsel untuk melacak perangkat saat tidak terhubung ke Internet. Jika ponsel tidak terkoneksi internet maka lokasi yang dilaporkan bukan real time melainkan lokasi terakhir saat terkoneksi internet.
  • Akses lokasi
    Akses untuk melacak lokasi ponsel secara real time (membutuhkan koneksi internet).
  • Kirim SMS
    Jika ponsel dimatikan atau tidak terhubung ke Internet, SMS akan dikirimkan untuk memperbarui informasi lokasinya secara berkala. Operator HP akan mengenakan biaya untuk pesan ini.

Berkat fitur keamanannya yang unggul, ponsel POCO semakin bisa diandalkan,” lanjut Andi. “Diharapkan seluruh pengguna POCO akan merasa lebih aman dan tenang saat bekerja dengan ponsel kesayangannya dalam keseharian.”