ASUS Kenalkan Server dan Penyimpanan Data untuk HPC dan AI – Tekno

by

Pahami.id – Melalui ajang COMPUTEX 2024, Asus memperkenalkan berbagai produk terbarunya. Termasuk solusi komputasi kinerja tinggi (HPC), AI, dan Pusat Data.

Pada COMPUTEX 2024, Asus menunjukkan keahliannya dalam arsitektur server, penyimpanan, dan pusat data yang didukung oleh teknologi Intel, AMD, dan NVIDIA. Asus juga memamerkan solusi pendingin cair/udara dan platform perangkat lunak eksklusif.

Memperkenalkan peningkatan fleksibilitas dengan prosesor Intel Xeon 6


Membentuk ekosistem yang terintegrasi dan kemitraan yang kuat sangatlah penting. Asus dengan bangga memperkenalkan server terbarunya bernama seri RS700-E12 dan RS720-E12 yang ditenagai oleh prosesor Intel Xeon 6.

Dengan desain perangkat keras yang ditingkatkan, kami telah berhasil mengatasi tantangan kinerja yang lebih tinggi dan peningkatan konsumsi daya. Kami juga menggunakan desain modular untuk memberikan tata letak motherboard yang lebih efisien dan mudah diperbaiki.

Dengan dukungan ASPEED AST2600 dan PFR AST1060, peningkatan server ini telah terintegrasi dengan perangkat ASMB12-iKVM terbaru pada platform prosesor Intel Xeon 6.

Hasilnya adalah mereka memberikan kinerja CPU yang luar biasa dengan manajemen dan keamanan out-of-band yang lebih baik. Arsitektur terbaru ini mampu menangani seluruh beban kerja melalui proses Intel 7 yang dikombinasikan dengan beberapa inti komputasi pada proses Intel 3 untuk memberikan efisiensi dan keandalan yang tinggi.

Solusi Asus generasi terbaru yang mendukung pengembangan HPC dan AI

Dalam dunia pusat data HPC dan AI, daya komputasi sangatlah penting. Namun, selain menyediakan perangkat keras yang mumpuni, Asus juga memiliki keunggulan dalam mengembangkan platform perangkat lunak yang efisien.

Hal ini dibuktikan dengan terciptanya Asus AI Foundry Services yang telah digunakan selama bertahun-tahun di berbagai proyek HPC. Layanan-layanan tersebut, bersama dengan Asus Data Center Solutions, terus berkembang untuk merespon perkembangan teknologi dan permintaan pelanggan.

Oleh karena itu, keduanya mampu menyederhanakan operasional dan meningkatkan produktivitas di seluruh dunia. Penawaran ini mencakup portal web, penjadwal, alokasi sumber daya, implementasi perangkat lunak, dan operasi layanan yang dikemas dalam satu paket komprehensif.

Awal tahun ini, Asus bermitra dengan WEKA.IO untuk memperkenalkan penyimpanan berbasis perangkat lunak yang melengkapi solusi AI generatif. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan data, integrasi WEKA.IO ke dalam beban kerja AI memastikan penyimpanan yang cepat untuk pelatihan dan inferensi AI yang cepat dan akurat.

Kolaborasi ini juga memperkuat komitmen Asus dan WEKA.IO untuk memberikan solusi komprehensif yang dapat memaksimalkan potensi infrastruktur data suatu organisasi. Melalui kolaborasi ini, Asus mengubah lanskap solusi penyimpanan dengan menawarkan kecepatan, skalabilitas, dan efisiensi yang unggul. Solusi ini sekarang tersedia.

Di sisi lain, peningkatan kemampuan AI tidak boleh terbatas pada penyedia cloud besar atau perusahaan besar saja. Oleh karena itu, Asus bermitra dengan Phison dan Deepmentor untuk menyediakan solusi AI generatif lengkap.

Solusi ini berisi model bahasa kompleks yang besar (LLM) ke dalam satu server dengan antarmuka grafis yang lengkap. Di masa depan, perusahaan skala menengah hanya perlu mengonfigurasi pengaturan untuk data internalnya, sehingga mereka dapat menciptakan lingkungan AI generatif khusus untuk operasional bisnis sehari-hari.

Mendukung penyimpanan data untuk era HPC dan AI

Menanggapi meningkatnya permintaan penyimpanan data mengikuti tren HPC dan AI, Asus dengan bangga memperkenalkan inovasi terbarunya, solusi penyimpanan SAN seri VS320D. Terdiri dari model VS320-RS12 dan VS320D-RS26, seri ini dirancang secara cermat untuk memenuhi berbagai beban kerja.

Seri VS320D didukung oleh pengontrol ganda dan antarmuka perangkat lunak yang intuitif untuk memastikan kinerja yang mengesankan untuk aplikasi penting seperti database, virtualisasi, dan pengeditan media. Pengguna juga dapat merancang strategi pencadangan yang komprehensif sekaligus mengelola alokasi disk secara efisien dengan mudah melalui Asus Storage Manager.

Selain itu, seri VS320D menyediakan transmisi data berkecepatan tinggi melalui iSCSI dan Fibre Channel untuk memastikan akses data yang cepat dan andal. Protokol keamanan yang ketat juga telah diterapkan untuk melindungi informasi sensitif, seperti upaya canggih untuk mencegah serangan ransomware dan menjaga kerahasiaan data.

Selain itu, rangkaian fitur keamanan yang komprehensif menjadikan solusi ini ideal untuk digunakan di lingkungan yang mengutamakan keamanan data.